Basarnas Palu: Tidak Ada Peristiwa yang Membahayakan Jiwa di Masa Siaga SAR Lebaran

Apel penutupan siaga SAR khusus lebaran Idul Fitri berlangsung di Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Kota Palu, Kamis (12/5/2022). (Foto: ANTARA)

PALU, Kabar Selebes – Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palu mengatakan tidak ada peristiwa yang membahayakan keselamatan jiwa manusia menonjol selama masa siaga khusus Lebaran Idul Fitri tahun 2022.

“Sejak personel disiagakan di tempat-tempat vital hingga berakhir masa siaga, aktivitas masyarakat melaksanakan mudik maupun arus balik lancar,” kata Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Palu Andrias Hendrik Johanes saat memimpin apel penutupan siaga SAR khusus lebaran di Palu, Kamis (12/5/2022).

BACA JUGA :  Bupati Parigi Moutong: Wilayah Rawan Banjir Harus Ditangani Multisektor

Ia menjelaskan, tujuan pelaksanaan giat tersebut yakni mewujudkan pelayanan SAR yang profesional, berkesinambungan dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah.

Adapun hasil dari siaga SAR khusus tidak ada kendala bagi pengguna jasa transportasi darat, laut dan udara, termasuk tempat-tempat wisata.

“Sejauh ini kami hanya menangani satu peristiwa kondisi membahayakan manusia di Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala yang dilaporkan hilang saat berburu sebelum Lebaran dan operasi dilakukan pada akhir April hingga awal Mei lalu,” tutur Andrias.

BACA JUGA :  Satu Pelaku Penimbunan Minyak Goreng di Palu Ditetapkan Jadi Tersangka

Pada giat siaga SAR khusus, Kantor SAR Palu mengerahkan sekitar 86 personel untuk menjangkau 13 kabupaten/kota di Sulteng dan didukung dengan sejumlah peralatan operasi.

Selain itu, pihaknya juga memberdayakan Pos dan Unit Siaga SAR, diantaranya Pos SAR Parigi, Pos SAR Luwuk, Unit Siaga SAR Tolitoli dan Unit Siaga SAR Morowali, termasuk satu unit armada laut KN SAR Bhisma milik Basarnas juga ikut disiagakan di Luwuk, Kabupaten Banggai.

BACA JUGA :  BPBD Parimo Sebut Ada Ratusan Kepala Keluarga Terdampak Banjir Parigi Butuh Logistik

Menurutnya, giat siaga ini berjalan baik tidak terlepas dari peran serta personel yang telah menunjukkan profesionalitas dalam menjalankan tugas di lapangan dan selalu melakukan koordinasi dengan Pemda, pemangku kepentingan, serta pihak lainnya yang terlibat.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada personel yang sudah menjalankan tugas dengan baik dan selalu menjaga nama baik instansi, serta telah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat menjalankan aktivitas,” demikian Andrias.(abd/ant)

Editor : Abdee Mari
Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….