Tergenang Air Setinggi 50 Cm, 158 KK Terdampak Banjir di Kabupaten Buol

Sejumlah warga dan tim tanggap darurat BPBD Kabupaten Buol meninjau rumah warga yang terendam banjir di Desa Mulat, Kecamatan Bukal Kabupaten Buol, Kamis (12/5/2022). (Foto:ANTARA)

PALU, Kabar Selebes – Sebanyak 158 kepala keluarga di Desa Mulat, Kecamatan Bukal, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terdampak banjir pada Kamis (12/5), sekitar pukul 20.44 Wita, terutama karena rumah mereka tergenang air hingga setinggi sekitar 50 sentimeter

“Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi mulai Kamis (12/5) siang, pukul 14.15 Wita mengakibatkan Sungai Lama meluap karena tidak mampu menampung semua debit hujan sehingga menyebabkan Desa Mulat dilanda banjir,” kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andi Sembiring dihubungi di Palu, Jumat (13/5/2022) dinihari.

BACA JUGA :  BI Sulteng Siapkan Uang Kartal Rp 1 Triliun untuk Lebaran Idul Fitri

Ia menjelaskan 158 KK tersebut tersebar di dua dusun, yakni 60 KK di Dusun I dan 98 KK di Dusun II. Dari 158 KK yang terdampak, 97 jiwa adalah bayi dan balita.

“Fasilitas umum yang terdampak antara lain Kantor Desa Mulat, Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar (SD) Negeri 07 Bukal. Hingga saat ini tidak ada korban jiwa dan warga yang terdampak memilih tidak mengungsi dan bertahan di rumahnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Sungai Tindaki Meluap, Desa Tanalanto Dilanda Banjir

Andi mengatakan saat ini warga yang terdampak banjir membutuhkan tenda darurat untuk mengungsi, air bersih, makanan siap saji, kebutuhan dan perlengkapan bayi dan balita, serta pembuatan drainase sepanjang 700 meter.

Saat ini BPBD Provinsi Sulteng dan BPBD Kabupaten Buol masih melakukan pendataan terhadap infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang terdampak banjir.

BACA JUGA :  Kemenag Prediksi Pemberangkatan Jamaah Haji Sulteng Hanya Dua Klote

Ia mengimbau warga Desa Mulat tetap waspada, mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Kami terus berkoordinasi dengan aparat Pemerintah Desa Mulat untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi,” tambahnya.(abd/ant)

Editor : Abdee Mari
Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….