Gubernur Sulteng Dukung Usul Penetapan Guru Tua sebagai Pahlawan

Warga menjaual poster Guru Tua pada acara Haul ke-54 Tahun Pendiri Alkhairaat Guru Tua di Kota Palu, Sabtu (14/5/2022). (Foto: ANTARA/Mohammad Hamzah)

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura mendukung penuh rencana pengajuan usul penetapan Pendiri Alkhairaat Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua sebagai pahlawan nasional.

“Sebagai Gubernur, saya mendukung penuh untuk mengusulkan Guru Tua sebagai pahlawan nasional,” kata Rusdy Mastura pada acara puncak haul ke-54 tahun Guru Tua di Kompleks Alkhairaat di Kota Palu, Sabtu.

Gubernur menyebut Guru Tua sebagai ulama penggerak perubahan dan ulama yang selain berdakwah juga mengabdikan diri untuk pembangunan pendidikan di Tanah Air.

BACA JUGA :  Anies Baswedan Ikut Dorong Usulan Guru Tua Jadi Pahlawan Nasional

Guru Tua mendirikan lembaga pendidikan Islam Alkhairaat. Lembaga pendidikan yang diresmikan tahun 1930 itu sekarang sudah memiliki banyak sekolah di wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Papua.

Alkhairaat memiliki lembaga pendidikan tingkat pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi. Selain mendirikan sekolah dan pondok pesantren, Alkhairaat membangun rumah sakit dan unit-unit usaha di wilayah Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  Empat Sekolah Alkhairaat di Palapi Berbenah Demi Sambut Tahun Ajaran Baru 2022

Gubernur mengatakan bahwa Guru Tua layak ditetapkan sebagai pahlawan nasional, karenanya pemerintah provinsi akan mendukung penuh upaya pengajuan usul penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional.

Wakil Wali Kota Palu Renny A Lamadjio mengatakan bahwa perwakilan Pemerintah Kota Palu telah melakukan pertemuan dengan pejabat Kementerian Sosial di Jakarta pada 12 Mei 2022 untuk membahas pengajuan usul penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional.

BACA JUGA :  Morowali Bakal Punya Pesantren Modern Terbesar di Sulawesi

Renny meminta warga Muslim dan Abnaulkhairaat mendukung pengajuan usul penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional.(abd/ant)

Editor : Abdee Mari
Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….