Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Boalemo Selalu Setia Hadiri Haul Guru Tua

Sebagian anggota DPRD Kab. Boalemo di acara haul Guru Tua (foto: Hasan Bunyu)

PALU, Kabar Selebes – Sebanyak 24 dari 25 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo bersama sekretaris dewan, SKPD dan warga Alkhairaat Boalemo,  menghadiri Haul Sayyid Idrus bin Salim Aljufri ke 54 yang dilaksanakan di perguruan Islam Alkhairaat Pusat Palu Sulteng, Sabtu 14 Mei 2022. Satu orang bernama Yayan R Asuna meninggal pada hari Kamis, 24 Maret 2022 lalu dan hingga saat ini belum ada Pengganti Antar Waktu (PAW).

Salah satu yang mendapat sorotan istimewa adalah  Haryanto Mamangke SE, SH, M.SI. Anggota legislatif asal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu merupakan satu-satunya wakil rakyat non muslim.

Wakil Ketua I DPRD Boalemo Lahmuddin Hambali menyatakan jika rekannya itu setiap tahunnya selaku bersama-sama mengikuti milad pendiri perguruan Islam Alkhairaat tersebut.

BACA JUGA :  DMI Sulteng Usulkan Haul Guru Tua Jadi Kalender Wisata Provinsi

“Hariyanto merupakan contoh insan yang menjunjung tinggi tolerasi. Dan itu patut di apresiasi,” ujanya.

Bahkan kata pentolan asal Partai Golongan Karya (Golkar) itu merupakan contoh manusia yang cinta terhadap agama lain. “Luar biasa, sikap antusias beliau terhadap ulama Alkhairaat   ini. Sehingga menaruh simpati terhadap kharisma Guru Tua,” kagumnya.

Hal senada pun di ungkapkan oleh Ketua DPRD Boalemo Karyawan Ekaputra Noho  dia menyatakan bila agenda mengikuti kegiatan haul Guru Tua merupakan program khusus tahunan yang wajib dihadiri oleh anggota. “Setiap tahun kita sudah agendakan bahwa haul Guru Tua adalah hal yang haru di hadiri,” jelasnya.

BACA JUGA :  Disparekraf Sulteng Gagas Pembangunan Museum Guru Tua Sebagai Obyek Wisata Religi

Terhadap Haryanto sesama kader partai di PDIP, Ekaputra menilai jika Haryanto menghormati abnaul khairaat yang ada di Kab. Boalemo. “Boalemo ada pesantren Alkhairaat Tilamuta dan hampir seluruh warga yang berada di Boaleko ini merupakan warga Alkhairaat,” nilainya saat dihubungi KabarSelebes.id via sambungan seluler, Sabtu (14/05/2022) pukul empat sore.

Apalagi sambungnya, sebagian besar pemilih yang memberikan suaranya pada pemilihan legislatif, Rabu 17 April 2019 lalu, menentukan pilihannya pada sosok Haryanto.

“Sebagai bukti jika warga abnaul khairaat ini cinta kepada beliau adalah telah tiga periode dirinya di percayakan menjadi wakil rakyat sejak Boalemo jadi kabupaten yang terbentuk pada 12 Oktober 1999 silam,” terangnya.

BACA JUGA :  Saat Haul, Ma'ruf Amin Janji Jika Sudah Jadi Wapres akan Perjuangkan Guru Tua Jadi Pahlawan

Bukan itu, persatuan dan kesatuan warga Kab. Bolaemo patut di berikan jempol adalah setiap pelaksanaan peringatan kelahiran ulama asal Hadramaut, Yaman Selatan itu, selalu menjadi peserta ziarah terbesar. “Kali ini kami bersama unsur Eksekutif dan warga itu menuju Palu menggunakan lebih dari 100 mobil. Dan seluruh bis yang ada di Boalemo ini telah di sewa oleh pemerintah dan warga untuk mengangkut para jamaah. Ya, tercatat, lebih 500 orang abnaul khairaat asal Kab. Boalemo yang datang menziarahi makam Guru Tua,” paparnya.(hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….