Sungai Tindaki Meluap, Desa Tanalanto Dilanda Banjir

Tangkapan layar warga berusaha melintasi banjir di Desa Tanalanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (14/5). (Foto: ANTARA)

PALU, Kabar Selebes – Hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Hujan lebat ini menyebabkan sungai Tindaki meluap dan mengakibatkan banjir di Desa Tanalanto.

“Curah hujan yang tinggi mulai pukul 11.00 WITA menyebabkan Sungai Tindaki meluap karena tidak mampu nampung semua debit air hujan dan menggenangi pemukiman dan lahan persawahan warga Desa Tanalanto dengan ketinggian air sekitar 30 centimeter,” kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andi Sembiring dihubungi di Palu, Sabtu (14/5/2022) malam.

Ia menyebut 80 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. 80 KK tersebut tersebar di sejumlah dusun meliputi 14 KK di dusun IV, 50 KK di dusun V dan 20 KK di dusun VI.

BACA JUGA :  Kemenkumham Sulteng Tiadakan Kunjungan saat Idul Fitri di Lapas dan Rutan

Beruntung, kata Andi, tidak ada korban jiwa karena peristiwa itu dan warga yang terdampak memilih bertahan di rumahnya hingga banjir surut.

“Kebutuhan mendesak saat ini yakni melakukan normalisasi Sungai Tindaki agar air tidak terus meluap,”ujarnya.

Saat ini BPBD Provinsi Sulteng dan BPBD Kabupaten Parigi Moutong terus melakukan pendataan terhadap infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang terdampak banjir.

BACA JUGA :  Selidiki Dugaan Jual Beli Jabatan di Pemprov Sulteng, Gubernur Bentuk Tim Investigasi

Ia mengimbau warga Desa Tanalanto tetap waspada untuk mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Kami terus berkoordinasi dengan aparat Pemerintah Desa Tanalanto untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi,” tambahnya.(abd/ant)

Editor : Abdee Mari
Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….