Abdu Umar Terpilih Sebagai Ketua DMI Poso Periode 2022 – 2027

Sekretaris DMI Sulteng Ust Muchtar Ibnu dan pengurus PW DMI Sulteng berpose bersama Ketua DMI Poso terpilih Abdu Umar. (Foto: DMI Sulteng)

POSO, Kabar Selebes – Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Sulawesi Tengah terus menggenjot pembentukan DMI di seluruh kabupaten di wilayah ini dengan menggelar musyawarah daerah. Setelah Parigi Moutong, kali ini Pimpinan Daerah (PD) DMI Kabupaten Poso sudah terbentuk.

Dalam Musda DMI Kabupaten Poso, Senin (16/5/2022), M. Abdu Umar terpilih sebagai ketua PD DMI Kabupaten Poso untuk periode 2022 – 2027.

Musda yang mengangkat tema dari masjid ukhuwah kita bangun, berlangsung di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Moengko Baru, Poso Kota. Dalam musda itu M Abdu Umar berhasil meraih 11 suara, sementara pesaingnya Ahmad Sugardi mendapat lima suara.

“Ketetapan Musda PD DMI Kabupaten Poso menetapkan dan mengesahkan M Abdu Umar sebagai Ketua PD DMI Kabupaten Poso sekaligus Ketua Formatur,” ucap Pimpinan Sidang Musda PD DMI Kabupaten Poso Syamsurijal Labatjo, dihubungi dari Palu, Senin.

BACA JUGA :  Datangkan Ustad Das’ad Latif, Subuh Berkah DMI Kota Palu di Masjid Nurul Huda Boyaoge Dipadati Warga

Ijal sapaan akrab Syamsurijal Labatjo menerangkan, sesuai dengan Keputusan Musda PD DMI Kabupaten Poso, Abdu Umar selain ditetapkan sebagai ketua juga ditetapkan sebagai ketua formatur untuk membentuk kepengurusan dengan jangka waktu tujuh hari ke depan.

Ijal yang merupan Mantan Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-una menyebut musda PD DMI Kabupaten Poso berlangsung sedikit alot karena terdapat lima bakal calon ketua yang diusulkan oleh peserta dua. Meski begitu, kata dia, Musda PD DMI Poso tetap berlangsung aman dan tertib.

“Dari lima bakal calon ketua, hanya dua bakal calon yang memenuhi kriteria untuk menjadi calon yakni M Abdu Umar dan Ahmad Sugardi,” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan Musda PD DMI Kabupaten Poso, terlebih dahulu Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Sulteng menunjuk Hartono Yasin Anda sebagai karateker Ketua DMI Poso. Hartono diberi amanah untuk membentuk pengurus PD DMI Kabupaten Poso.

BACA JUGA :  Ketum DMI Sulteng: Dai - Imam Berperan Rawat Kerukunan

Atas dasar itu, Hartono membentuk panitia musda PD DMI Poso, untuk mencari ketua devenitif periode 2022 – 2027.

“Membangun ukhuwah dari masjid, menjadi satu pengembangan fungsi menjadi masjid sebagai sentral peradaban umat yang tidak lepas dari visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Maka pengurus PD DMI Poso harus benar-benar menjalankan organisasi sesuai dengan visi besar DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” ujar Hartono.

Terkait hal itu Sekretaris Umum PW DMI Provinsi Sulteng Muchtar Ibnu Masud meminta kepada pengurus PD DMI Kabupaten Poso untuk tetap menjaga kebersamaan dan kesolidan dalam mewujudkan visi organisasi memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

BACA JUGA :  Bantu Pengembangan Ekononi Ummat, DMI Sulteng Bangun Masjid Mart

“Kata kunci untuk mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid adalah kesolidan dan kebersamaan pengurus. Ini harus benar-benar diperhatikan,” tegas Muchtar.

Muchtar mengatakan lewat visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid,  PW DMI Sulteng ingin menjadikan masjid sebagai sentral pembangunan peradaban umat yang difokuskan pada pemberdayaan ekonomi umat dan masjid sebagai tempat pendidikan.

“Ini yang menjadi prioritas DMI Provinsi Sulteng. Karena pengurus PD DMI tingkat kabupaten dan kota termasuk DMI Kabupaten Poso agar memaksimalkan visi tersebut,” imbuhnya.

“Mewakili Ketua Umum PW DMI Sulteng bapak Ahmad M Ali dan seluruh pengurus DMI Sulteng mengucapkan selamat kepada M Abdu Umar yang terpilih sebagai Ketua PD DMI Kabupaten Poso,” ucapnya.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….