Tingkatkan Daya Saing, Pemkab Sigi Bersinergi dengan Berbagai Pihak

-Bupati Sigi Mohamad Irwan (Foto: ANTARA/Muhammad Hajiji)

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah di kawasan Timur Indonesia untuk meningkatkan daya saing potensi daerah tersebut.

“Sinergi  pemerintah Kabupaten Sigi dengan multi pihak dari pihak swasta, BUMN, pemerintah, menjadi hal penting menunjang peningkatan daya saing potensi daerah,” jelas Bupati Sigi Mohamad Irwan,  Senin (16/7/2022).

Pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, menjadi satu sasaran sinergisitas yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sigi.

BACA JUGA :  Warga Provinsi Sulteng Diimbau Waspadai Penipuan Catut BPJAMSOSTEK

Terjalinnya sinergisitas dua daerah tersebut, menurut Mohamad Irwan, menjadi satu peluang untuk memasarkan potensi daerah pada sektor pangan meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Termasuk, kata dia, produk-produk UMKM yang dikembangkan oleh masyarakat di dua daerah tersebut dapat dikembangkan.

“Jadi sinergisitas ini saling mengisi kekurangan, untuk saling melengkapi kebutuhan daerah, demi kepentingan masyarakat,” ujar Irwan.

Mohamad Irwan mengatakan Pemkab Sigi saat ini mengusung visi Sigi berdaya saing berbasis agribisnis, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

BACA JUGA :  Pelajar Sekolah Dasar Diajak Menanam Bibit Mangrove di Pantai Donggala

Maka, semua kegiatan pembangunan yang diselenggarakan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD), kata dia, harus mengarah langsung pada upaya mewujudkan visi tersebut.

“Sehingga visi Sigi berdaya saing berbasis agribisnis benar-benar terimplementasi secara optimal yang berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, daya saing produk yang bersumber dari potensi daerah di Sigi harus dikembangkan secara optimal, sehingga efek yang ditimbulkan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat benar-benar terwujud.

BACA JUGA :  Grafis : Membangun Kesadaran dalam Membuang Puntung Rokok

Terkait hal itu Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menilai sinergisitas Pemkab Pohuwato dengan Pemkab Sigi sangat penting, dalam upaya percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

“Kamj merespons positif dan berterima kasih kepada Bupati Sigi dan seluruh jajarannya yang telah menerima kedatangan kami, dan bersedia bersinergi dengan Pemkab Pohuwato,” ujarnya.(abd/ant)

Editor : Abdee Mari
Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….