Terpilih Aklamasi, Nurdin Musa Terpilih Ketua DMI Banggai Laut

Musyawarah daerah DMI Kabupaten Banggai Laut.(Foto: DMI Sulteng)

BANGGAI, Kabar Selebes -Melalui aklamasi, akhirnya Nurdin Musa, S.Sos terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Banggai Laut (Balut) periode 2022-2027.

Nurdin Musa terpilih berdasarkan laporan Ketua Panitia Musda DMI, Ramudin Kadja, S. A, perwakilan pengurus masjid dan imam dari tujuh kecamatan se Kabupaten Banggai Laut (Balut), berlangsung di Desa Lampa, Kecamatan Banggai, Kabupaten Balut, Jumat 20 Mei 2022.

Pimpinan Sidang Musda, Syamsurijal Labatjo saat membacakan Surat Keputusan, bahwa sesuai dengan ketetapan Musda DMI Kabupaten Balut, dengan nomor istimewa, Nurdin Usman, S. Sos, juga ditetapkan sebagai Ketua Formatur untuk menyusun kepengurusan paripurna PD DMI Morut, periode 2022 – 2027. Sesuai dengan keputusan Musda kepengurusan dibentuk dalam jangka waktu tujuh hari ke depan.

Ketua Karateker DMI Balut, Dr H. Azma Mardjun M. Pd, menyampaikan salam hangat persaudaraan dan salam ukhwah, dari Ketua DMI Sulteng, H. Ahmad Ali yang sedang menjalankan umroh. Beliau terus memantau pelaksanaan acara musda di semua daerah. Sesuai motto Dewan Masjid Indonesia, masjid menjadi pusat ibadah, pusat peradaban dan kajian keislaman sekaligus bagian dari basis peningkatan ekonomi ummat.

BACA JUGA :  DMI Sulteng Salurkan 1.119 Jam Dinding untuk Masjid di Pasigala

Ketua PW DMI Sulteng, diwakili Sekretaris DMI H. Muchtar Ibnu Mas’ud, DMI ke depan akan beda dengan kerja kerja kepengurusan DMI sebelumnya. DMI katanya akan membangun kerja mitra dengan pemerintah setempat.

H. Muchtar mencontohkan di Kabupaten Morowali setiap masjid marbotnya selain pegawai suaranya, diberi insentif satu juta perbulan. “Dan kedepan pemda bisa  menanggung biaya kesehatan para pegawai syara. Suka tidak suka, semua ummat Islam akan ke masjid sampai wafat pasti dibawah ke masjid. Karena masjid adalah rumah Allah, yang harus terjamin seluruh kebutuhan ummat Islam. Tidak hanya tempat ibadah, tapi pusat peradaban dan ekonomi. Dan Alhamdulillah, DMI Sulteng sudah memulai diawal kepengurusan periode dipimpin H. Ahmad Ali,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Muatan Berlebihan, Truk Hino Tersendat di Tanjakan Lipatan Empat Pagimana - Luwuk

Ketua terpilih, Nurdin Usman saat memberikan kesiapannya menyatakan, berterima kasih kepada semua peserta musda yang telah memberikan amanah memimpin secara bersama PD DMI Balut.

“Alhamdulillah, saya sangat yakin, bahwa ombak selalu ada. Tapi ombak sudah dianggap biasa bagi kami, sudah bersahabat dengan situasi alam. Tujuan utama kita, masjid bisa makmur. Kekuatan ummat bisa diatur di masjid. Semoga ini langkah maju dengan kepengurusan baru DMI Sulteng dibawah kepemimpinan  H. Ahmad Ali. Sehingga amalan amaliyah keagamaan bisa lebih aktif,” penuh harap.

BACA JUGA :  Sebelum Menyeberang ke Banggai Laut, Tim Safari Musda Silaturahmi ke PD DMI Tojo Unauna

Diketahui, tujuh kecamatan perwakilan yang hadir, yakni dari Kecamatan Banggai, Banggai Utara, Banggai selatan, Banggai Tengah. Dibagian laut, Kecamatan Labobo, Kecamatan Bokan Kepulauan dan Kecamatan Bangkurung.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari