Pemda Morowali Berikan Bantuan Vertikal Drayer Kapasitas 30 Ton untuk Petani

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, memberikan bantuan berupa Vertikal Drayer dengan kapasitas 30 ton.

Kegiatan berlangsung di Desa Limbo Makmur, Kecamatan Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Minggu (22/05/2022).

Selain penyerahan bantuan, Bupati Taslim juga meresmikan instalasi pengering gabah Vertikal Drayer kapasitas 30 ton. Sekaligus panen oleh Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rezeki.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanmangan) Morowali, Andi Irman mengatakan, bahwa ini adalah salah satu bentuk perhatian Pemda dalam memberikan Vertikal Drayer dengan kapasitas 30 ton.

“Ini akan segera dioperasikan dan menjadi salah satu drayer terbesar di Sulteng,” ungkapnya.

“Vertikal Drayer ini menggunakan anggaran APBD sebesar Rp.3 miliar. Kita berharap kualitas bagi petani dan bisa bersinergi dengan petani lainnya,” harapnya.

Andi Irman menambahkan, terkait penyakit kuku dan mulut (PKM) merupakan penyakit hewan ternak sapi. Namun tidak ada di Morowali dan akan dibentuk Satgas khusus PKM.

Sementara Bupati Taslim mengatakan, bahwa kegiatan ini untuk menjawab persoalan petani dengan pengadaan alat pengering.

“Bagaimana kita bisa memberikan solusi dalam meringankan beban masyarakat. Kita coba menjawab persoalan yang dihadapi petani. Alat ini tidak bisa memberikan manfaat kalau tidak digunakan dengan baik,” jelasnya.

“Tolong kepala desa dan PPL sampaikan kepada petani kita untuk tidak lagi mengupload foto padi,” harapnya lagi.

Taslim menambahkan, mengenai pengelolaannya agar tidak memanfaatkan fasilitas pemerintah dan fasilitas umum untuk mendapatkan keuntungan. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….