Palu  

Tindaklanjuti Usulan Masyarakat, Walikota Palu Tinjau Irigasi Pengairan di Taipa Laga

Walikota Palu Hadianto Rasyid meninjau langsung lokasi pengairan yang ada di wilayah Taipa Laga, Kelurahan Taipa.(Foto: Indrawati)

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu Hadianto Rasyid menindaklanjuti usulan masyarakat khususnya para petani bawang yang ada di Kelurahan Taipa agar irigasi yang sumber airnya dari wilayah Donggala bisa dimanfaatkan kembali untuk pertanian bawang.

Didampingi sejumlah pejabat terkait, Walikota Palu, Hadianto Rasyid meninjau langsung lokasi pengairan yang ada di wilayah Taipa Laga, Kelurahan Taipa, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu pada Senin (23/5/2022).

Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, Muhammad Nur, ST mengatakan saat ini kondisi irigasi yang ada di wilayah setempat rusak pascabencana Gempa, Tsunami, dan Likuefaksi 28 September 2018 silam.

BACA JUGA :  Lembaga Kemanusian Palu Bersatu Bangkit Bagikan Ratusan Nasi Bungkus Kepada Ojol di Palu

“Di saat habis Gempa lalu banyak kondisi dan irigasi itu rusak, itu usulan mereka (para petani, red),” katanya.

Dikarenakan hal ini lintas kabupaten dan kota, katanya Wali Kota akan menyampaikan permohonan kepada Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Provinsi Sulawesi Tengah dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III selaku pihak yang berwenang.

BACA JUGA :  Tepis Isu Pasar Tutup, Pemkot : Aktivitas Perdagangan di Pasar Tetap Berjalan

“Besok tim kami dari PU akan melakukan investigasi kajian di lapangan dan hasilnya kami akan berikan kepada Wali Kota untuk menjadi dasar melakukan permohonan ke pihak terkait agar segera ditangani,” ungkapnya.

Ia mengatakan kalau memang pihak Provinsi Sulawesi Tengah mengizinkan Pemerintah Kota Palu dengan pembiayaan daerah, maka pihaknya akan menghitung kemampuan daerah untuk menangani usulan masyarakat tersebut.

BACA JUGA :  Kontak dengan 16 Positif Covid-19, 159 Warga Palu Berstatus OTG

Ia berharap besar lahan masyarakat bisa teraliri air untuk pertanian bawang karena saat ini masyarakat setempat lagi semangat-semangatnya untuk melakukan budidaya bawang yang sudah lama bisa dikatakan stagnan.

“Tadi Pak Wali sampaikan, apa yang menjadi usulan dari masyarakat akan beliau tindak lanjuti secepatnya agar apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terwujud,” tambahnya.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini....