Mulai Dikenal, Sayangnya Terumbu Karang Pulau Buka Buka Tojo Unauna Rusak Parah

Pertemuan yang dilakukan di Reconnect, Pulau Buka Buka Rabu (25/5/2022).(Foto: Ipul Hulungo)

AMPANA, Kabar Selebes – Pulau Buka Buka merupakan wilayah administratif Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah kini sudah semakin dikenal. Pulau Buka Buka memiliki sumber daya alam yang menarik serta potensi pariwisata yang alami.

Lima tahun terakhir tempat tersebut sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal karena keindahan alamnya. Pulau Buka Buka juga meliputi Tanjung Api walaupun terpisah.

Di pulau ini ada pasir putih, banyak penyu, dan keindahan terumbu karang.

Sayangnya akhir akhir ini mulai muncul masalah seperti kerusakan terumbu karang, sampah dan penangkapan penyu.

Hal ini jika tidak segera ditangani akan menjadi masalah baru buat masa depan Lingkungan hidup di sekitarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tojo Unauna M Arsyad melakukan pertemuan dengan instansi terkatit di Reconnect Island Pulau Buka Buka yang dihadiri oleh Asistin II, Kadis Perikanan, Kabag Hukum, Kapolsek Ampana Tete Kasat Pol PP yang diwakili Kades Tete B Ketua Kelompok Sadar Wisata, (Pokdarwis ) serta pemilik Reconnect, Rabu (25/5/2022).

Dalam rapat pertemuan yang dipimpin oleh Asistin II Nawat Panyili ada beberapa hal yang dibicarakan kaitannya dengan pengelolaan  pariwisata Reconnect Island serta aktivitas masyarakat nelayan di sekitar pulau buka buka.

Salah satunya adalah kerusakan karang sehingga perlu ada program transplantasi. Demikian pula dengan akses masyarakat yang sering melintasi di areal terumbu karang yang harus dijaga serta pembangunan jembatan untuk kepentingan masyarakat.

Nawat Panyili setelah mendengarkan banyak masukan baik dari kades, Mr Thomas, Kapolsek Ampana Tete Pokdarwis, mengatakan perlu segera ditindaklanjuti termasuk ada rencana tindak lanjut pertemuan yang akan dilakukan pada hari senin mendatang di Desa Tete B.  Termasuk Usulan kawasan konservasi karena mengingat buka bubuka ada potensi pariwisata yang harus dikelola secara berkelanjutan.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini....