Usai Pelatihan Humas, Ketua Umum IJTI Apresiasi Pengda Sulteng

Peserta pelatihan kehumasan yang diselenggarakan oleh Pengda IJTI Sulteng.(Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Herik Kurniawan memberikan apresiasi kepada pengurus daerah IJTI Sulteng, atas terlaksananya kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (30/5/2022) kemarin.

Bagi Herik, apa yang dilakukan IJTI patut diberikan apresiasi karena sangat bernilai positif, dan pasti bisa dirasakan manfaatnya. Tidak hanya bagi peserta, tetapi juga bagi pengurus, termasuk seluruh anggota IJTI Sulteng.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh kawan-kawan Pengda IJTI Sulteng dalam pelatihan jurnalistik bersama Humas Provinsi Sulawesi Tengah, adalah hal yang sangat positif dan amat sangat bermanfaat bagi para pelaku Humas di Pemprov Sulteng,” ujar Herik melalui rekaman suara yang dikirimkan kepada pengurus IJTI Sulteng.

BACA JUGA :  IJTI dan Pemrov Sulteng akan Gelar Pelatihan Jurnalistik khusus Humas

Menurutnya, dari muatan yang berikan dalam pelatihan jurnalistik sehari tersebut, orang-orang yang berkecimpung dibagian Humas Pemprov akan mendapatkan dan memahami, bagaimana memproduksi sebuah kegiatan menjadi berita yang ideal, khususnya untuk media televisi.

“Berita dalam konteks informasi untuk publik. Sehingga Humas bisa memahami dengan detail bagaimana perencanaan sebelum memproduksi informasi bagi publik, mengolah informasi itu dan kemudian menyampaikannya kepada publik, sehingga kerjanya lebih efektif dan efisien,” tutur Herik.

Sebagai corong pemerintah dalam menyebarkan informasi, Humas tentunya dituntut dapat bekerja dengan baik. Sebab, apabila salah cara penyampaian informasi, maka berdampak negatif terhadap citra pemerintahan itu sendiri. Sehingga Herik merasa sangat perlu membekali Humas dengan ilmu jurnalistik agar menjadi layak dipublikasikan.

BACA JUGA :  AMSI, IJTI dan PFI Luncurkan Logo Semarak Media Digital 2022 di Palu 

Suatu hasil kegiatan yang selanjutnya nanti informasi tersebut baik secara etik untuk disampaikan, dan memang faktanya benar, akan sangat layak dipublikasi. Humas sebagai ujung tombak informasi komunikasi dari Pemprov, tentu penting sekali memahami hal tersebut.

“Mengapa demikian? Karena memang pada ujungnya adalah pemprov harus memberikan pemahaman yang jernih kepada publik. Dan itu adalah kerja sehari-hari para jurnalis televisi, khususnya yang tergabung dalam IJTI,” tandas Herik.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura menghadiri dan membuka kegiatan pelatihan jurnalistik bertema Profesionalitas Kehumasan dan Media di Era Digital, yang diselenggarakan IJTI Sulteng, di gedung Pogombo, Senin (30/5/22), yang diikuti lebih 30 peserta dari instansi di bawah naungan Pemprov Sulteng.

BACA JUGA :  IJTI dan Pemrov Sulteng akan Gelar Pelatihan Jurnalistik khusus Humas

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut. Menurutnya, kegiatan itu sangat penting bagi Humas dalam meningkatkan sumber daya manusia.

“Insya Allah ini tiap tahun kita lakukan. Sulawesi Tengah ini sumber daya alamnya cukup berlebihan, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusianya harus ditingkatkan. Salah satunya bersama pers mendorong masyarakat untuk mau maju dan berkembang,” aku Rusdy Mastura, usai membuka kegiatan tersebut. (*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….