Palu  

Wakil Walikota Palu Buka Pelatihan Pengelolaan Metadata Statistika Sektoral

Wakil Walikota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes secara resmi membuka Pelatihan Pengelolaan Metadata Statistika Sektoral Kota Palu pada Selasa, 31 Mei 2022.(Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – Wakil Walikota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes secara resmi membuka Pelatihan Pengelolaan Metadata Statistika Sektoral Kota Palu pada Selasa, 31 Mei 2022 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Wakil Walikota Reny mengatakan data adalah hal yang sangat penting bagi kita untuk menyusun perencanaan dan ketika mengambil kebijakan.

Sementara metadata, katanya merupakan bentuk data pokok yang memberikan informasi atau mendeskripsikan data lainnya.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Bentuk Satgas Pancasila Fokus Berantas Peredaran Narkoba

“Perkembangan teknologi digital saat ini sangat memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses data, dimana saja dan kapan saja,” katanya.

Menurutnya berbagai tampilan informasi data yang disajikan tentu dimaksudkan untuk mempercepat akses bagi para pengguna untuk memperoleh data yang diperlukan.

Ia mengungkapkan tujuan metadata statistik sektoral adalah untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi, memudahkan pencarian data, menghindari duplikasi data dan kegiatan, memberikan penyajian data yang akurat dan memudahkan evaluasi informasi.

BACA JUGA :  Pagu Anggaran DAK Non Fisik BOKB Kota Palu Meningkat 2 Kali Lipat di Tahun 2022

“Dalam upaya mewujudkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, maka pemerintah harus mampu menyediakan data dan informasi yang akurat sebagai dasar perencanaan yang terukur dan terintegrasi,” ungkapnya.

Data dan informasi yang akurat dan terukur tersebut, selanjutnya akan menghasilkan program data kebijakan yang akurat yang dapat dioperasionalkan secara efisien dan efektif.

“Untuk itu, saya berharap seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan pengelolaan metadata statistik sektoral kota palu ini dengan baik. Sehingga kita dapat menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dapat dibagi pakaikan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Gaya Walikota Palu dan Istri Curi Perhatian di Fashion Street CFD

Turut hadir dalam kesempatan tersebut yakni Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu, Nathan Pagasongan, S.Sos.,M.Si dan lainnya.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….