Korps Raport Pindah Satuan Perwira dan Bintara Kodim 1311 Morowali, Dandim: Jaga Nama Baik dan Tunjukkan yang Terbaik

Acara Korps Raport Pindah Satuan Perwira dan Bintara Kodim 1311 Morowali di Aula Makodim pada Kamis (02/06/2022) siang. (Foto: Ahyar Lani/KabarSelebes.id)

MOROWALI, Kabar Selebes – Komando Distrik Militer (Kodim) 1311 Morowali melaksanakan acara Korps Raport Pindah Satuan Perwira dan Bintara pada Kamis (02/06/2022) siang.

Acara itu berlangsung di Aula Kodim 1311 Morowali, kompleks Kota Terpadu Mandiri (KTM), Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1311 Morowali, Letkol Inf Constantinus Rusmanto mengatakan, bahwa korps raport pindah satuan merupakan hal yang wajar dan biasa dilakukan oleh satuan, dalam hal kebutuhan dan pemenuhan organisasi TNI Angkatan Darat (AD).

“Ini merupakan wujud pembinaan personel yang dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi. Memberikan pengalaman tugas di satuan yang baru, serta mengembangkan karir prajurit, bahkan memberikan kesempatan kepada prajurit yang masa dinasnya sudah mendekati masa persiapan pensiun (MPP) untuk lebih dekat dengan keluarganya,” jelasnya.

Salah satu prinsip pembinaan personel, yaitu Tour of Duty and Tour of Area, yang telah memberikan pengaruh positif terhadap pematangan cara berpikir, bersikap dan bertindak bagi perwira, bintara dan tamtama, dalam menghadapi tantangan, hambatan dan permasalahan dimanapun bertugas.

Dandim menjelaskan, korps raport pindah satuan merupakan salah satu tradisi dan upaya untuk menanamkan rasa bangga terhadap satuan. Sehingga prajurit yang pernah bertugas di Kodim 1311 Morowali dapat mengenang hal-hal yang baik terhadap satuan lainnya. Serta dapat mengimplementasikan hal-hal yang baik di satuan yang baru.

“Pindah satuan bukanlah akhir dari pengabdian kepada bangsa dan negara, melainkan awal dari pengabdian di satuan yang baru,” ungkapnya.

Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada personel yang pindah satuan, yaitu Kapten Inf Tamsil Pasi Log Kodim 1311 Morowali selama kurang lebih 2 tahun 3 bulan, dan telah menunjukkan yang terbaik terhadap satuan.

Begitu juga Bintara yang akan pindah satuan sebanyak 4 orang, yaitu Serka Mudir, Sertu Suharyanto, dan Serda Gunawan, sebagai Ba Kodam XIV Hasanuddin. Dan Serda Mbudu Tahir pindah satuan sebagai Ba Kodim 1308 Luwuk Banggai Korem 132 Tadulako.

“Saya berpesan dan berharap kepada personel yang pindah satuan, agar bisa menjaga nama baik satuan Kodim 1311 Morowali dan tunjukkan yang terbaik di satuan tempat tugas yang baru,” pesannya.

“Kiranya hal-hal yang kurang baik dapat di tinggalkan disini, dan hal-hal yang baik dapat dibawa dan dikembangkan di satuan yang baru,” harap Dandim. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….