Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemda Morowali Ikuti Secara Virtual

Peringatan hari lahir Pancasila yang diikuti Pemda Morowali di Ruang Pola Kantor Bupati pada Rabu (01/06/2022). Foto: Doc.

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali mengikuti upacara peringatan haril lahir Pancasila pada 1 Juni 2022, dengan berseragam baju Adat To Bungku.

Upacara berlangsung secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali pada Rabu (01/06/2022).

Dihadiri Bupati Taslim, Sekda Yusman Mahbub, Ketua Dewan Adat To Bungku Maizun Ilwan Ridhwan, Kepala Dinas Perhubungan Emil Monto, Kepala Dinas Perpustakaan Zaenudin, Kepala Badan Kesbangpol Bambang S Soerojo, serta unsur Forkopimda.

Upacara dipimpin Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terpusat di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ditempat yang bersejarah ini, Soekarno, selaku Proklamator Kemerdekaan NKRI, sekaligus pendiri bangsa merumuskan Pancasila menjadi Dasar Negara Indonesia. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat menjadi Inspektur.

Jokowi juga mengajak anak-anak bangsa untuk mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila yang menjadi Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada, untuk bersama-sama membumikan Pancasila, serta mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain pemersatu bangsa, Pancasila juga telah menjadikan kita kuat dalam menghadapi tantangan dan ujian,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Presiden RI ke-7 tersebut mengingatkan generasi muda menjiwai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

“Dalam perjalanan sejarah bangsa, NKRI bisa berdiri kokoh dan menjadi negara kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan Pancasila. Untuk itu, melalui kesempatan ini, saya ingatkan kepada kita semua khususnya generasi muda senantiasa betul-betul menjiwai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Usai upacara, Bupati Taslim memotong tumpeng untuk diserahkan kepada Kepala Badan Kesbangpol, sebagai tanda ungkapan rasa syukur atas terlaksananya peringatan hari lahir Pancasila di Bumi Tepe Asa Moroso. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….