Insya Allah, 24 Juni CJH Parigi Moutong Berangkat Menuju Jeddah Arab Saudi

Petugas haji Parigi Moutong sedang mendata bagasi calon jamaah haji 2022. (Foto : Hasan Bunyu)

MEPANGA, Kabar Selebes – Kepastian jadwal pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Parigi Mouting itu di sampaikan oleh Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Kab. Parigi Moutong Drs H. Sudriman Tjora, MM saat pemantapan manasik Haji di kantor KUA Mepanga, Kamis kemaren, (02/06) pukul delapan pagi.

Sudirman menjelaskan, hari Jumat pagi, 24 Juni 2022 mendatang semua CJH yang berjumlah 78 orang sudah berada di asrama haji yang berada di Kota Palu. “Karena besok paginya (25 Juni, red) CJH Kabupaten Parigi Moutong akan diberangkatkan menuju embarkasi jamaah haji Balikpapan di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Tatkala penting kata Sudirman, tanggal 20 Juni semua cover bag CJH sudah ada berada di kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong untuk terlebih dahulu akan di distribusikan menuju Balikpapan. “Tolong tas covernya diisi dengan pakaian yang akan digunakan. Jangan isi keperluan yang tak perlu dan jangan melebihi berat bagasi yang tela di tentukan, yaitu tidak boleh lebih dari 30 kilogram,” harapnya.

BACA JUGA :  Kemenag Prediksi Pemberangkatan Jamaah Haji Sulteng Hanya Dua Klote

Selain itu, anggota Pembina Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Parigi Moutong periode 2022-2027 itu mengimbau para CJH terutama kaum pria tak membawa rokok yang berlebihan agar tas covernya tak di bongkar oleh petugas haji baik yang berada di Palu maupun petugas haji Balikpapan “Kalo ada is tas bagasinya nanti yang dinilai tak wajar. Nah, itu akan di bongkar. Sehingga bisa saja jadwalnya memakan waktu dan merugikan bapak sendiri. Kalo mau bawa rokok, bawalah yang sewajarnya. Disana kan kita fokus ibadah, bukan fokus merokok,” pesannya.

BACA JUGA :  716 Jemaah Calon Haji Dilepas Walikota Palu

Tak kalah pentingnya, Sudirman mewanti-wanti kepada CJH yang berada di zona dua wilayah kerja dari Kecamatan Tomini hingga Kecamatan Moutong itu, agar membawa obat-obatan yang sesuai dengan konsumsi masing-masing. “Jangan lupa CJH ini saya harapkan untuk membawa payung. Mengingat musim haji 2022  iklim dan cuaca di Madinah dan Mekkah sangat ekstrem, panasnya bisa mencapai  41 hingga 46 derajat Celsius,” harapnya.

BACA JUGA :  Kemenag : Pemkab Parigi Moutong Bantu Biaya Transportasi Haji Rp85 juta

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Parigi Moutong itu juga memaparkan, nantinya CJH Parigi Moutong tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 bersama CJH dari Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso. “Dari Sigi ada 82 orang dan dari Poso ada 43 orang. CJH kita akan bersama dengan Sigi dan Poso berangkat menuju bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah,” urainya. (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….