Dewan dan LSM Dukung Upaya CPM Bangun Warga di Lingkar Tambang

Lokasi PT. Citra Palu Minerals (CPM) (Foto: Abdee Mari)

PALU, Kabar Selebes – Masyarakat lokal di wilayah lingkar tambang di Kelurahan Poboya dan sekitarnya di Kota Palu, Sulawesi Tengah adalah warga yang harus diprioritaskan oleh PT Citra Palu Mineral (CPM) untuk ditingkatkan kesejahteraannya.

Dan, perusahaan pemilik kontrak karya yang sah menurut Undang-Undang tersebut, sudah dan tengah berupaya membangun prioritas itu melalui sejumlah program.

Kalangan Dewan dan lembaga masyarakat sipil (LSM) menilai, CPM sudah dalam upaya tersebut.  Apa yang tengah dilakukan memang tidak bisa sukses secara instan. Sebaliknya, upaya itu perlu dukungan banyak pihak.

BACA JUGA :  Konsultasi Publik CPM Libatkan Warga Tujuh Kelurahan di Palu

“Sekitar 75 persen karyawan di CPM dari Sulawesi Tengah, dimana 55 persen berasal dari Poboya dan sekitarnya,” kata Wakil Presiden DPP Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Danel Lasimpo di Palu, Minggu (5/6/2022).

Danel menilai, upaya CPM yang menginisiasi pembentukan koperasi juga ditujukan untuk masyarakat lingkar tambang. Upaya ini mutlak perlu mendapat dukungan semua pihak.

“Dengan adanya koperasi, mampu mengakomodir apa yang menjadi keinginan masyarakat sekitar tambang,” harap Danel dalam perbincangan via telepon.

BACA JUGA :  Gubernur Sulteng Ajukan 25 Hektare Lahan PT CPM jadi Tambang Rakyat

Apa yang dilakukan CPM juga diamini anggota DPRD Kota Palu Abdurahim Nasar Al-Amri. Dia menilai, program CSR dilaksanakan secara berkelanjutan oleh CPM.

Dia mengaku, pernah mengunjungi CPM dan mendapatkan penjelaskan terkait program pendidikan yakni pemagangan. Hal ini juga bagian dari peningkatan kesejahteraan warga, melalui pendidikan. “Mereka juga mempunyai program kesehatannya untuk masyarakat dan keluarga karyawan hingga penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan bagi warga di ring satu dekat perusahaan serta program pemberdayaan masyarakat,” kata Abdurahim Nasar.

BACA JUGA :  Komitmen CPM untuk Pendidikan Masyarakat Lingkar Tambang Poboya Diapresiasi
Silakan komentar Anda Disini….