Sulawesi Tengah

Bupati Morut: Perguruan Tinggi harus Cepat Menyesuaikan Diri dengan Kebutuhan Dunia Kerja

12
×

Bupati Morut: Perguruan Tinggi harus Cepat Menyesuaikan Diri dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Sebarkan artikel ini

MAKASSAR, Kabar Selebes – Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, tampil sebagai pembicara pada seminar di kampus Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar, Kamis (9/6/2022).

Seminar bertema “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja” juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya termasuk Rektor UKIP Prof. Dr. Agus Salim, SH,. MH.

Ketua Panitia Pelaksana seminar Albert Palangda mengemukakan kegiatan seminar ini bertujuan untuk melihat peluang dan tantangan dunia kerja pasca pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

BACA JUGA :  Bupati Delis: Pasca Penambangan, Morut harus tetap Hijau

Dalam paparannya, Bupati Delis mengemukakan kebutuhan dunia kerja saat ini sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Oleh karena itu, perguruan tinggi juga harus mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan dunia kerja saat ini dan masa mendatang.

Misalnya, membuka jurusan sebaiknya disesuaikan dengan peluang kerja sehingga para sarjana lulusan perguruan tinggi bisa terserap atau gampang mencari kerja.

BACA JUGA :  Bupati Delis Buka Perayaan HUT Persekutuan Bapak GKST ke-54 se Klasis Kolonodale

Bupati Delis menambahkan, dalam penerimaan tenaga kerja pada beberapa industri di Morowali Utara saat ini, lebih gampang memasukan tenaga kerja yang berijazah SMA dari pada yang sarjana.

“Ini fakta. Kenapa? Karena banyak yang melamar berijazah S1 tapi tidak sesuai kebutuhan. Ini yang saya katakan perguruan tinggi harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan kerja,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wabup Morut Sampaikan Jawaban Pertanggungjawaban APBD 2021

Untuk menghadapi dunia kerja tersebut, para mahasiswa juga harus memiliki skill tertentu. Jika tidak bisa didapatkan di kampus, mahasiswa tersebut harus menambah keterampilan di luar kampus.

Untuk diketahui, Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah saat ini menjadi salah satu daerah yang berkembang dengan masuknya industri pertambangan. Industri tersebut sedang merekrut tenaga kerja dalam jumlah besar. (*/hen)

Laporan : Heandly