Dilema, P2KD Belum Berani Menetapkan Calon Kades Gio Barat

Ketua P2KD Desa Gio Barat menjelaskan alasan gugurnya salah satu calon pilkades (foto: Hasan Bunyu)

MOUTONG, Kabar Selebes – Sebenarnya Minggu 12 Juni 2022 sejak pukul 08:00 hingga 12:00 Wita adalah tahapan penetapan bakal calon kepala desa serentak yang bertarung di Pilkades se-Kabupaten Parigi Moutong. Tapi, jadwal itu belum berlaku di pemilihan Kepala Desa Gio Barat.

Pasalnya, Ketua Panitia Pemilihan  Kepala Desa (P2KD) Desa Gio Barat Musjain hingga siang ini belum berani menetapkan dan mengesahkan kelima bakal calon Kades Gio Barat masa bakti enam tahun depan.

“Ada satu bakal calon kepala desa yang ditetapkan oleh P2KD kabupaten untuk Pilkades Gio Barat gugur. Dan calon ini meminta kejelasan  kepada P2KD kabupaten untuk menerangkan di mana penyebab dia tidak lolos,” katanya.

Kepada KabarSelebes.id yang menemui disela-sela rehat shalat dzuhur, Musjain mengaku jika sampai pukul dua belas siang, pihaknya belum memperoleh rekomendasi soal nama-nama yang berhak maju di pilkades Gio Barat.

“Sampai jam begini kami belum menerima nama-nama yang akan bertarung di pemilihan kades di desa ini. Kalo desa lain bisa saja menetapkan karena tidak ada polemik ada yang gugur,” terangnya.

Musjain khawatir, jika ia terlanjur mengumumkan nama-nama yang akan mengikuti pesta demokrasi enam tahun  tingkat desa, kemudian ada rekomendasi jika nama yang gugur ini terdapat namanya. “Kami ini takut, pas kami umumkan kemudian ada rekomendasi dari kabupaten kalo namanya dia ada masuk. Bukan kami lagi yang di tuntut masyarakat,” khawatirnya.

Untuk itu, saat ini dirinya sedangkan menunggu keputusan dari P2KD Kabupaten. “Kalo kami sudah diperintahkan dengan keputusan secara tertulis, maka kami akan tetapkan secepatnya,” jelasnya.

Musjain juga menambahkan, jika pengumuman penetapan bakal calon Kades Gio Barat hingga pukul 00:00 malam ini.

Sebagai diketahui, Sugiarjo, salah satu bakal calon Kepala Desa Gio Barat Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong, keberatan dengan keputusan yang diambil panitia Pilkades Kabupaten Parigi Moutong yang menggugurkan dirinya. (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….