MAN 3 Parigi di Bolano Bangun Enam Kelas Baru Berlantai Dua dari SBSN

Kemenag Kab. Parigi Moutong berdoa usai melakukan peletakan batu pertama (foto: Hasan Bunyu)

BOLANO, Kabar Selebes – Civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Parigi pertengahan tahun 2022 ini memperoleh limpahan rezeki berupa bantuan dana pembangunan ruang kelas baru (RKB) dari Kementerian Agama. Bantuan dana pembangunan tersebut berasal dari program pembiayaan Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN).

Tak tanggung-tanggung, MA negeri termuda di Sulawesi Tengah itu menerima gedung mewah berlantai dua senilai 3,5 miliar rupiah.

Kepala MAN 3 Parigi Drs.Abd Wahid As’ary ,M.Pd pada saat acara peletakan batu pertama pembangunan gedung baru, Kamis 16 Juni 2022 sekitar pukul sebelas siang menyampaikan, Program pembiayaan dari SBSN tersebut disalurkan untuk membangun 6 RKB dua lantai yang terdiri dari toga kelasi atas dan tiga di bawah. Kata Wahid, walau masih kekurangan ruang kelas, kehadiran 6 RKB itu sangat membantu sekolahnya dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Alhamdulillah, sekolah kami mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui pembiayaan SBSN untuk membangun ruang kelas. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Agama Republik Indonesia,” syukurnya.

Mantan Kamad MA Beringin Jaya (sebelum berubah jadi negeri, red) itu menyampaikan harapan agar madrasahnya dari segi bangun fisik bisa sejajar dengan sekolah umum. “Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap wadah pendidikan agama tanpa adanya diskriminasi atau perhatian yang tak seimbang. Sehingga anak-anak bangsa juga bisa merasakan pendidikan dengan kualitas dan kuantitas yang memadai,” ucapnya saat dihubungi KabarSelebes.id, Kamis (16/06) usai shalat magrib.

Harapannya, dengan adanya pembangunan baru di sekolah yang baru di negerikan pada tahun 2019 itu, bisa jadi motivasi baru bagi masyarakat di Kecamatan Bolano dan sekitarnya untuk memasukkan anak-anak mereka di sekolah agama negeri tersebut. “Semoga dengan adanya ruang belajar baru nanti, bisa jadi daya tarik bagi masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya di sekolah agama ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulawesi Tengah Moh. Faozi, S.Ag, M.Ag mengemukakan jika pembangunan gedung baru tersebut memakan waktu enam bulan atau 180 hari. “Insya Allah pada ajaran bari tahun 2023 mendatang, gedung baru ini sudah bisa di gunakan. Sehingga bisa menambah jumlah calon siswanya,” terang Faozi.

Terlebih lagi sambung Faozi, harapan tahun depannya, MAN 3 Parigi memperoleh bantuan lagi. “Semoga tahun depan program bantuan Laboratorium Terpadu SBSN bisa turun juga di MAN 3 Parigi, Amin ya rabbal alamin,” ujarnya dalam do’a.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong Dr.H.Ahmad Hasni.,M.Pd dalam arahannya menyampaikan pendapat serupa. Ahmad  sangat bersyukur atas pembangunan RKB SBSN  Tahun 2022 ini, sehingga siswa siswi MAN 3 Parigi bisa menikmati fasilitas yang memadai seperti yang dimiliki oleh madrasah lain.

“Apalagi jika ditunjang dengan Fasilitas laboratorium terpadu yang nantinya. Pasti MAN 3 Parigi ini akan menjadi salah satu sekolah unggulan. Otomatis juga akan menjadi sekolah terdepan dan sekolah favorit,” yakin Ahmad yang baru beberapa hari dilantik sebagai orang nomor satu di kementerian berslogan ‘ikhlas beramal’ itu.

Seperti diketahui, SBSN merupakan salah satu instrumen yang ada pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai proyek-proyek pembangunan infrastruktur termasuk dunia pendidikan. Program pembiayaan melalui SBSN ini digulirkan dalam rangka penguatan daya saing bangsa dan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….