Palu  

Pemkot Palu Tetapkan Kelurahan Balaroa  dan Duyu Sebagai Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli  Anak

PALU, Kabar Selebes – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid  secara resmi menetapkan dua kelurahan di Kota Palu menjadi kelurahan ramah perempuan dan peduli anak. Kedua kelurahan itu yakni Kelurahan Duyu dan Kelurahan Balaroa.

Penetapan kedua keluarga dilakukan pada saat  Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE menghadiri Workshop yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kota Palu pada Senin, 20 Juni 2022 di Hotel Best Western Coco Palu.

Workshop tersebut berkaitan tentang pengintegrasian peta jalan dan rencana aksi pengintegrasian pelibatan laki-laki dalam pencegahan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan pemenuhan kesehatan reproduksi ke dalam perencanaan program dan kebijakan daerah di Kota Palu.

BACA JUGA :  Wakil Wali Kota Komitmen Turunkan Angka Stunting di Kota Palu

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadi mengatakan peran laki-laki sangat vital, tetapi lebih vital lagi kalau perempuan juga dapat dioptimalkan perannya.

Untuk bisa mengoptimalkan dengan baik peran perempuan, katanya maka kekerasan terhadap perempuan harus dihilangkan.

“Demikian halnya kalau kita berbicara tentang regenerasi. Maka masa kita akan berakhir. Sehingga kita harus menyiapkan generasi kita yang handal dan tangguh,” katanya.

BACA JUGA :  Tak Terima Ditertibkan, Pedagang Pasar Inpres Manonda Berkelahi dengan Satpol PP

Menurut Wali Kota, perlakuan orang tua terhadap anaknya hari ini sangat berpengaruh terhadap perlakuan anak terhadap orang tuanya kedepan. Kalau orang tua perhatian terhadap anaknya, maka orang tua juga akan mendapatkan perhatian yang sebaliknya di kemudian hari oleh anak-anaknya.

“Kalau hari ini kita menjadi orang tua yang tidak peduli terhadap anak-anak kita, maka dikhawatirkan anak-anak kita tidak peduli terhadap kita,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Hari Pertama Tahun 2022, Ini Kegiatan Walikota Palu

Oleh karena itu, Wali Kota menyatakan workshop yang dilaksanakan sangat baik berkaitan dengan pemberian penguatan terhadap laki-laki untuk mengambil peran dalam menekan kekerasan terhadap perempuan dan menciptakan kepedulian terhadap anak. (iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….