DMI-Kemenag Sulteng Bersinergi Tingkatkan Kompetensi Pengurus Masjid

PALU, Kabar Selebes – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah bersinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng meningkatkan kompetensi pengurus atau takmir masjid.

“Pengembangan kompetensi ini lebih difokuskan pada peningkatan kapasitas pengurus masjid tentang managemen kemasjidan,” ucap Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Masud, di Palu, Jumat (24/6/2022).

Muchtar Ibnu Masud mengakui bahwa pihaknya telah membahas hal itu bersama pihak Kanwil Kemenag Sulteng. Pembahasan untuk peningkatan kompetensi pengurus masjid berlangsung di Sekretariat PW DMI Sulteng pada Kamis malam (23/6), di Palu.

BACA JUGA :  DMI Sulteng Salurkan Logistik untuk Warga Terdampak Banjir Parigi Moutong

“Iya, pembahasan itu terkait dengan penyatuan dan persamaan persepsi dan gagasan serta program, untuk lebih mengoptimalkan peningkatan kapasitas pengurus masjid,” ucapnya.

Muchtar menyebut peningkatan kompetensi pengurus masjid menjadi satu program prioritas yang dilaksanakan oleh PW DMI Sulteng di bawah kepemimpinan Ahmad M Ali.

Pengembangan kompetensi itu, ujar dia, dalam rangka menopang pembangunan kemakmuran umat lewat visi besar DMI memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

BACA JUGA :  Rauf Serang Terpilih jadi Ketua DMI Kabupaten Parigi Moutong

Olehnya, kata Muchtar, peningkatan kompetensi pengurus masjid mengenai managemen kemasjidan menjadi hal penting, agar pengurus masjid dapat berperan dalam pengembangan fungsi masjid.

“Dalam upaya pengembangan fungsi masjid, dibutuhkan sinergisitas multi pihak serta ketersediaan sumber daya, sebagai implementatif dari visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” ungkapnya.

Berkaitan dengan itu, Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Binsyar Kanwil Kemenag Sulteng Abdul Aziz mengemukakan peningkatan kompetensi pengurus masjid bagian dari upaya pembinaan yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

BACA JUGA :  Anggota DPR RI Ahmad Ali Janji Bantu Perjuangkan Guru Tua jadi Pahlawan Nasional

Ia menyebut hal itu telah terakomodir dalam perencanaan Kanwil Kemenag Sulteng, yang dalam implementasinya tahun ini disenergikan dengan program PW DMI Sulteng.

“Sinergi ini sangat penting, tidak sekedar membangun hubungan kelembagaan, tetapi lebih dari itu adalah untuk percepatan pembangunan kemakmuran umat berbasis masjid,” ucapnya.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini....