Jelang Pilkades, Pemkab Parigi Moutomg Mulai Distribusikan Surat Suara

P2KD Desa Sub P2KD Kecamatan, dikawat Polisi dan TNI dalam penyaluran surat suara (foto: Hasan Bunyu)

TAOPA, Kabar Selebes – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 97 desa yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, tersisa tiga hari lagi. Logistik berupa suara suara pun mulai di distribusikan ke masing-masing desa, Jumat 24 Juni 2022.

Riklan, salah seorang anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Kabupaten Parigi Moutong mengatakan jika dirinya bersama dua anggotanya bertugas mendistribusikan surat suara di 54 desa yang menyelenggarakan pilkades di wilayah Kecamatan Tinombo Selatan hingga Kecamatan Moutong.

“Saya tadi sebelum shalat jumat sudah mulai menyalurka surat suara di sepuluh desa yang ada di Kecamatan Tinombo Selatan,” ucap Riklan saat ditemui KabarSelebes.id di kantor Camat Taopa, Jumat (24/06) pukul 22:50 Wita.

Riklan juga mengemukakan selain 10 desa di Tinombo Selatan, ada juga dua desa di Kecamatan Sidoan, enam desa di Tinombo, empat desa di Palasa, Mepanga lima desa. “Tomini, Ongka Malino dan Kecamatan Taopa masing-masing tujuh desa kita distribusikan. Sedangkan Kecamatan Moutong ada enam desa,” beber Riklan.

Kepala Seksi Administrasi dan Informatika Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong menyampaikan, saat surat suara di terima  Sub P2KD kabupaten yang ada di kecamatan sesegera mungkin untuk mengkroscek.

“Kiranya pas diterima malam ini juga segera hitung ulang. Siapa tahu ada yang surat suaranya rusak atau salah, baik salah foto, salah nomor urut atau pun salah penempatan nama, segera laporkan kepada kami.  Dan kami akan teruskan ke percetakan untuk di cetak ulang,” pintanya.

Karena menurut agenda Riklan, setelah mendistribusikan surat suara ke Moutong, dirinya akan langsung kembali ke Kabupaten Parigi Moutong. Karena, Sabtu (25/06) ia kembali menyalurkan surat suara yang rusak. “Besok itu saya harus kembali ke kecamatan-kecamatan mengantarkan surat suara yang telah di perbaiki,” katanya.

Dia juga menambahkan, bila kerusakan itu hanya maksimal 10 lembar, maka ia akan menggantikannya saat itu juga. “Saya ada bawa surat suara cabang, tapi hanya 10 saja, kalo ada yang  rusak, silakan isi berita acara, maka saya akan ani sekarang juga,” ujarnya.

Hanya saja lanjut lelaki bersuara halus itu, jika lebih dari 10 lembar, maka akan di gandakan yang baru. Terus yang rusak, semua perangkat pilkades akan menyaksikan pemusnahannya.

Kepada media ini juga, Riklan membeberkan ada beberapa desa penyelenggara pilkades yang terdapat surat suaranya rusak. Misalnya Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan yang mengalami kerusakan pada penempatan nama calon yang salah letak. “Ada juga di Desa Ta’aniuge di Kecamatan Tomini yang mengalami kesalahan seharusnya di distribusikan di Kecamatan Tomini malah masuk ke Kecamatan Tinombo Selatan. Itu belum Desa Bosagon di Kecamatan Ongka Mlalino yang kekurangan 39 lembar. Semua akan  di cetak malam ini dan diantar esok,” ungkapnya.

Sementara Camat Taopa Drs Sudarso melalui Ketua Sub P2KD kabupaten Rahmat, S.Sos meminta kepada P2KD desa, pengawas dan utusan saksi dia calon masing-masing untuk menyaksikan perhitungan ulang.

“Mohon saksi masing untuk menyaksikan secara seksama dan disaksikan oleh Babinsa Taopa dan Babinkantinmas Taopa dalam perhitungan ini,” imbuanya.

Rahmat khawatir bila dekat waktu pencobloan nantinya baru di hitung, dikhawatirkn tak ada ruang waktu. “Kami tak berani ambil resiko seperti itu.makanya di hitung sekarang,” ucapnya setangah perintan. (hcb)

Laporan: Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini....