Adu Cepat Lomba Kupas Kelapa di Banggai Seru dan Gembira

adu cepat lomba kupas kelapa pada perhelatan Baramean Bahari Balantak

BALANTAK, Kabar Selebes – Masyarakat di Kecamatan Balantak Utara dan Balantak Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah mengikuti adu cepat lomba kupas kelapa pada perhelatan Baramean Bahari Balantak yang dilaksanakan sejak 24 hingga 26 Juni 2022 di Desa Pulo Dua.

“Lomba adu cepat kupas kelapa diselenggarakan mengingat potensi kelapa di wilayah pesisir perairan Balantak begitu besar dan menjadi sumber-sumber penghidupan bagi masyarakat di wilayah ini dan keseharian masyarakat juga mengelola kelapa menjadi kopra bahkan minyak kelapa serta untuk kebutuhan ibu rumah tangga,” ujar Rifai, staf lapangan Relawan untuk Orang dan Alam (ROA), Minggu (26/06/2022).

Ia menambahkan lomba adu cepat kupas kelapa diikuti bukan hanya petani kelapa saja akan tetapi juga nelayan-nelayan juga ikut terlibat dalam kegiatan lomba karena masyarakat nelayan juga bahkan memiliki kebun kelapa dan kebun olahan lainnya sehingga jika diamati masyarakat sesungguhnya telah memiliki kemampuan adaptasi terhadap situasi alam.

BACA JUGA :  Bantu Warga yang Kesulitan Akibat Covid-19, Kodim 1308/LB dan Polres Banggai Buka Dapur Umum

“Kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat secara turun temurun menghadapi situasi perubahan alam yang menyebabkan penghidupan mereka terganggu semisal ketika musim angin yang menyebabkan nelayan tak bisa melaut  sesungguhnya adalah merupakan model adaptasi yang sudah dijalankan oleh masyarakat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan bagi penghidupan mereka,” ungkap Rifai.

Lomba adu cepat kupas kelapa di ikuti dari peserta Desa Kuntang, Kampangar, Pulo Dua, Luok dan Talang Batu yang merebutkan total hadiah Rp.2.250.000 dan hadiah, kegiatan ini didukung oleh ROA, Critical Ekosistem Fund Patnership dan Burung Indonesia serta pemerintah kecamatan dan pemerintah desa di Kecamatan Balantak Utara dan Balantak.

BACA JUGA :  Fuel Terminal Banggai Lakukan Penyaluran Perdana Produk Dexlite

Hal senada juga disampaikan oleh Bambang warga balantak yang juga memiliki rumah di Pulo Dua membenarkan bahwa 90 persen kelapa diolah menjadi Kopra sebagai sumber pendapatan dari kebun kelapa dan sisanya biasa mengolah kelapa jadi minyak kelapa baik untuk digunakan sendiri ataupun dijual di sekitar tempat tinggal.

Acara Baramean Bahari Balantak selain Lomba adu cepat kupas kelapa juga dilaksanakan lomba jalan santai berhadiah, lomba menggambar anak sekolah dasar bertema kehidupan laut, vaksin yang didukung oleh Puskesmas Balantak Utara.(bal)

Laporan : Subarkah

BACA JUGA :  Pembobol 6 Rumah di Luwuk Utara Ditangkap Polisi
Silakan komentar Anda Disini….