KPU Tetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan Kota Palu Sebanyak 251.636 Pemilih

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid. (Foto: ANTARA)

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menetapkan daftar pemilih berkelanjutan (DPB) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjumlah 251.636 orang.

“Dengan perincian, 123.426 perempuan dan 128.210 laki-laki yang akan menggunakan hak suaranya di 699 tempat pemungutan suara (TPS) di 46 kelurahan dan delapan kecamatan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Agussalim Wahid di Palu, Minggu.

BACA JUGA :  Banjir di Kabupaten Tojo Unauna, 100 KK Terdampak

DPB Kota Palu tersebut ditetapkan setelah KPU Kota Palu rapat koordinasi rekapitulasi pemutakhiran DPB yang dihadiri dan disepakati oleh pemangku kepentingan melalui penandatangan berita acara badan pengawas pemilu (bawaslu), kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil), dan perwakilan partai politik di Kota Palu, Jumat (24/6).

Dalam rapat koordinasi tersebut, KPU Kota Palu menerima sejumlah masukan dan segera menindaklanjutinya agar DPB akurat dan jauh dari kekeliruan, antara lain, intens mendorong warga yang masuk dalam DPB agar tertib melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

BACA JUGA :  Bupati Nduga Beri Uang Duka Rp400 Juta kepada Keluarga Korban KKB di Palu

Harus diantisipasi jika ada pemilih yang melakukan perekaman KTP-el berulang-ulang sehingga dapat mengacaukan akurasi DPB.

“Selanjutnya mendorong warga yang telah masuk usia memilih dan akan melakukan perekaman KTP-el agar melakukan perekaman sesuai dengan domisili,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga mengantisipasi pemilih yang terdata di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) agar tidak sampai tidak sengaja memasukkan tahanan yang berdomisili di luar Kota Palu.(abd/ant)

BACA JUGA :  Grafis : Membangun Kesadaran dalam Membuang Puntung Rokok

Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini....