Pilkades Serentak di Desa Taopa Kecamatan Taopa berlangsung Aman dan Terkendali

Suasana pencoblosan di Pilkades Taopa.(Foto: Hasan Bunyu)

TAOPA, Kabar Selebes – Puncak pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Parigi Moutong hari ini, Senin 27 Juni 2022. Termasuk Desa Taopa yang tergabung dalam 97 desa yang melaksanakan pesta demokrasi enam tahunan tersebut.

Pantauan KabarSelebes.id di tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di halaman kantor Camat Taopa, Senin (27/06), sejak pukul 07:25 Wita di mulai tahapan pencoblosan.

“Sebenarnya dalam peraturan bupati di mulai jam tujuh tepat. Cuma panitia masih mengadakan pemantapan persiapan. Karena Desa Taopa itu sebagai pemilih terbanyak di Kecamatan Taopa dengan jumlah pemilih 1.700 lebih,” terang Muslim, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Taopa yang ditemui media ini pukul 11:40 Wita.

BACA JUGA :  Dua Petahana Tumbang di Tangan Dua Mantan Sekdesnya di Pilkades Taopa

Muslim juga menyampaikan saat siang ini, sudah 20 persen warga Taopa yang telah berpartisipasi. ” Saya salut dengan dukungan masyarakat yang semangat menentukan kepada untuk enam tahun ke depan,” ujarnya.

Mengenai adanya  pemilih yang memilih di dekat-dekat batas  waktu pencoblosan, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Model Taopa itu menjelaskan, dengan masih ada pembatasan dalam proses covid 19, sehingga larangnya untuk berkumpul masih di terapkan.

“Selain itu juga warga menghindari untuk antri. Mereka beranggapan kalau so siang kan kurang orang. Jadi pergi memilih jelang penutupan,” tambahnya.

Hingga siang ini sambung Muslim, sudah 1.300-an yang memilih dari 1779 daftar pemilih tetap (DPT). “Surat panggil yang telh tersebar dengan berikan langsung sama calon pemilih itu berjumlah 1.570 orang. Yang sisanya itu calon pemilihnya yang terdaftar di DPT berada di luar daerah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Bertabur Juara, Dua Sekolah Alkhairaat di Taopa Gelar Tasyakuran Secara Sederhana

Sementara itu Muh. Rithauddin, anggota P2KD kabupaten yang memantau pelaksanan pilkades di Desa Taopa mengatakan, dirinya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam menyukseskan pilkades ini. Terima kasih kepada semua komponen yang telah melaksanakan tahapan dengan aman, tertib, tenteram dan lancar,” pujinya.

Sebagaimana diketahui, di Desa Taopa ada dua kandidat yakni nomor urut 1 Asno Ake dan Arno sebagai pemilik nomor urut 2, akan merebut kepercayaan warga untuk di daulat menjadi orang nomor satu di Desa Taopa masa bakti 2022-2028. (hcb)

BACA JUGA :  Kerap Jadi Lapangan Bola Dadakan, Kaca Kantor Camat Taopa pun Jadi Korban

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….