Tukang Rias Pengantin Menang di Pilkades Gio Barat Kecamatan Moutong

Kuse memenangkan pilkades di Desa Gio Barat (Foto: Hasan Bunyu)

MOUTONG, Kabar Selebes – Calon kepala desa nomor urut 3, Yusrin H. Lammanape memenangkan pertarungan pemilihan Kepala Desa Gio Barat. Pesta demokrasi enam tahun itu berlangsung di sekretariat P2KD Gio Barat, Senin 27 Juni 2022.

Yusrin memenangkan 179 suara dari  385 suara pemilih. Sementara 206 suara direbutkan oleh 4 kandidat lainnya, termasuk Ahmad, sang petahana.

Pantauan KabarSelebes.id di lokasi pemilihan, Kuse—sapaan akrabnya—, hanya kalah tipis di Dusun 1 yang merupakan basis incumben, 50 berbanding 40 suara.

Aroma kemenangan Kuse, terlihat saat ia ikut mencoblos. Luapan teriakan pendukungnya yg di dominasi oleh kaum ibu. “Semoga  baju merah (baju yang dikenakan Kuse, red) menang, merah tanda berani. Bismillah merah menang,” teriak  salah seorang ibu yang namanya enggan di sebut. Terlebih lagi ucapnya, Kuse memenangkan 46,4 % dari total jumlah.

Benar saja, saat puluhan warga yang jadi pengamat dadakan, berteriak tatkala jumlah suara baru bergeser dari angka 193 pemilih yang merupakan jumlah 50 persennya suara pemilih.

“Alhamdulillah, alhamdulillah om Kuse menang.  Siram….siram…” teriak Vina, salah seorang warga dusun 2.

Kuse yang ditemui media ini di bekas ruang perawat kantor Puskesmas  Pembantu Gio Barat itu, nampak berlinang air mata. “Terima kasih atas kepercayaan warga kepada saya. Saya te tau le apa yang saya mau bilang,” ujarnya dengan suara terbata-bata.

Desaigner pelaminan yang merangkap tukang make-up pengantin itu tampak lansung sumrjngah. Kamlan salah seorang kandidat nomor urut satu langsung memberikan ucapan selamat. “Selamat ya, laksanakan roda pemerintahan dengan baik. Saya siap bantu jika tenaga dan pikiran saya dibutuhkan,” pesan Kamlan.

Ketua P2KD Gio Barat Nurjain menjelaskan, hasil pilkades di Gio Barat, Kamlan nomor urut 1 memperoleh 41 suara, Yusrin merebut 179 suara, Alzuhri Adnan Dea meraih 48 suara dan Subhan mendulang 52 suara. “Sedangkan mantan kades hanya mendulang 63 suara,” jelas Nurjain.

Lelaki yang biasa disapa Jain itu menuturkan, jika  pada pilkades Gio Barat tahun 2022 ini, tingkat pemilih sangat tinggi. “Pada pilkada lalu, di Desa Gio Barat tingkat pemilihnya hanya 300 suara. “Mungkin aroma pemilihannya yang beda.  Di pilkades ini kan yang terpilih langsung berada di tengah-tengah masyarakat,” paparnya. (hcb)

Laporan : Hasan Cl Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….