Pascabanjir di Bahomakmur, Kapolsek Bahodopi: Tidak Menutup Kemungkinan Terjadi Banjir Susulan

Pihak terkait saat turun langsung ke lokasi terjadinya banjir di Desa Bahomakmur. (Foto: Humas)

MOROWALI, Kabar Selebes – Curah hujan yang cukup lebat di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, mengakibatkan terjadinya banjir yang disertai lumpur pasir, pada Senin, (27/6/2022).

Banjir berlumpur pasir itu mulai terjadi pada Senin siang, sekitar pukul 13.00 Wita. Dari beberapa desa yang terdampak, salah satunya adalah di Desa Bahomakmur terdampak banjir, khususnya di Blok D dan E.

Olehnya, pihak terkait turun langsung ke lokasi di tempat warga yang terdampak banjir. Diantaranya adalah Kapolsek Bahodopi Iptu Agus Salim bersama anggota, serta BPBD Morowali dan pemerintah desa (Pemdes).

BACA JUGA :  Pasca Banjir, BWS Sulawesi II Janji akan Perbaiki Semua Sungai Besar di Parimo

“Tingginya curah hujan yang cukup lebat di beberapa desa di Kecamatan Bahodopi, mengakibatkan terjadinya banjir secara tiba-tiba yang disertai lumpur berpasir,” kata Agus Salim pada Selasa (28/06/2022) siang.

Ia mengungkapkan, bahwa personel Polsek menerima laporan masyarakat, sehubungan dengan terjadinya banjir di Desa Bahomakmur, tepatnya di Blok D dan E. Sehingga saat itu juga Kapolsek bersama personel dan BPBD serta Pemdes, turun langsung meninjau rumah-rumah warga.

BACA JUGA :  Serikat Pekerja Kecam Permintaan Penutupan Kawasan IMIP

“Pada saat tiba di tempat kejadian perkara (TKP), air masih mengalir di pemukiman warga yang sebagian besar kos-kosan,” jelasnya.

Agus Salim mengatakan, bahwa indikasi awal terjadinya banjir adalah dimulai dari tingginya curah hujan yang sangat deras dan merata di wilayah Kecamatan Bahodopi.

Secara khusus di Desa Bahomakmur yang sangat dekat dengan lokasi kawasan industri PT IMIP,  yang mengakibatkan tempat tinggal atau kos-kosan milik warga terendam banjir.

BACA JUGA :  Masyarakat Kasimbar Salurkan 1,7 Ton Beras untuk Korban Banjir Parigi Selatan

Selanjutnya, Kapolsek bersama personel membantu warga untuk mengevakuasi barang-barang berharga. Kemudian melakukan pendataan masyarakat yang terdampak banjir.

Kapolsek mengimbau kepada seluruh warga masyarakat, agar selalu waspada dengan kondisi cuaca musim hujan saat ini.

“Dengan curah hujan yang tinggi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir susulan,” ungkap Agus Salim. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....