Upacara  Hari Bhayangkara ke-76 Secara Virtual, Presiden: Tugas Polri Semakin Berat Bekerjalah dengan Presisi

Upacara Hari Bhayangkara ke-76 digelar di Lapangan Apel Kantor Mako Polres Morowali, pada Selasa (05/07/2022) pagi. (Foto: Humas)

MOROWALI, Kabar Selebes – Kepolisian Resor (Polres) Morowali mengikuti acara puncak Hari Bhayangkara ke-76, yang digelar di Lapangan Akpol, Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (05/07/2022) pagi.

Kegiatan upacara tersebut diikuti seluruh jajaran Polda dan Polres secara virtual. Tema Hari Bhayangkara ke-76 yakni “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Polres Morowali turut berpartisipasi dalam apel puncak Hari Bhayangkara ke-76.. Seluruh pejabat dan personel Polres, TNI, Brimob, Pol PP, dan Dishub, mengikuti upacara puncak Hari Bhayangkara secara virtual di Lapangan Apel Polres Morowali pada Selasa pagi.

BACA JUGA :  Kapolri Pimpin Serentak Baksos dan Bansos Secara Virtual, Sambut HUT Bhayangkara ke-76

Pada kegiatan tersebut, Kapolres AKBP Suprianto, menghadiri langsung upacara secara virtual . Selain itu, Wakil Bupati Najamuddin, Kepala Kejaksaan Negeri Tenri Awaru, dan Kepala BNNK AKBP Mulyadi, serta sejumlah hadirin.

Pada kegiatan upacara, Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur upacara, dan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-76, dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri. Kewenangan Polri sangat besar. Organisasi Polri menembus sampai tingkat desa, dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Joko Widodo.

BACA JUGA :  Walikota Palu Hadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 76 secara Virtual

Guna menghadapi tugas Polri yang semakin berat, individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi. Harus semakin adaptif, responsif, dan bertransformasi menjadi institusi modern, dan bersinergi dengan TNI, kementerian, dan lembaga dalam menjalankan tugasnya.

Joko Widodo juga mengingatkan, rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh masyarakat. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas.

BACA JUGA :  Faiz Ramadhan, Dua Tahun Jaga Kebersihan Mapolda Sulteng Raih Sepeda Motor HUT 76 Bhayangkara

“Melakukan berbagai tindakan kepolisian dengan humanis, namun tegas ketika diperlukan. Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” kata Joko Widodo.

Di akhir amanatnya, Presiden menekankan, dalam pelaksanaan tugas ke depannya agar bekerjalah dengan hati-hati dan presisi. Kemudian tugas Polri ke depannya masih berat dan perlu menjaga situasi Kamtibmas.

“Juga tantangan kejahatan yang banyak dan perlunya melakukan inovasi-inovasi di tubuh Polri,” jelas Joko Widodo. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....