Upaya Pembentukan Badan Pengelola Kawasan Industri Morowali, Ketua DPRD: Saya Dukung dan Siap Melakukannya ke Depan

Kuswandi

MOROWALI, Kabar Selebes – Ketua DPRD Kabupaten Morowali, Kuswandi, mendukung upaya pembentukan Badan Pengelola Kawasan untuk semua industri di Morowali.

Dukungan Kuswandi itu, sejalan dengan keterangan Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah, Bidang Investasi Peningkatan Fiskal dan Stabilitas Ekonomi Daerah, Andika. Sebagaimana dilansir dalam sebuah pemberitaan media online Radar Sulteng.

Dikatakan politisi NasDem itu, bahwa Andika memaparkan perlunya kehadiran negara dalam pengelolaan kawasan industri di Bahodopi, dengan membentuk Badan Administrasi Pemerintah Pengelolah Kawasan.

BACA JUGA :  Polsek Bahodopi Amankan 271 Kantong Cap Tikus, Tersangka Menjual Karena Faktor Ekonomi

“Menanggapi hal itu, saya anggap ini penting, mengingat situasi di luar kawasan industri hari ini menjadi sangat tidak terkendali,” kata Kuswandi kepada KabarSelebes.id pada Selasa (05/07/2022) malam.

Menurutnya, upaya pembentukan atau mendorong lahirnya sebuah badan pemerintah untuk mengelolah kawasan adalah iide yang sangat baik, serta menjanjikan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah ini.

BACA JUGA :  Karang Taruna Morowali Inisiasi Turnamen Olahraga Kepemudaan Vale Cup

“Setidaknya ketika badan ini terbentuk, maka akan ada tata kelolah kawasan industri, sehingga tidak seperti situasi yang hari ini kita dapatkan. Jadi nanti urusan di luar kawasan menjadi tanggung jawab badan pemerintah tersebut,” ujarnya.

Masih dikatakan Kuswandi, bahwa hampir semua wilayah di Morowali sudah di kepung industri. Tapi kita juga mendapatkan situasi, bahwa penataan kawasan-kawasan tersebut sangat lemah. Kenapa, karena tidak adanya badan pemerintah yang mengelola kawasan itu.

BACA JUGA :  Kepolisian Bantu Korban Kebakaran di Bahodopi, Kerugian Ditaksir Sekitar 1 Miliar

Pihak IMIP misalnya, bertanggung jawab atas pengelolaan kawasan mereka sendiri. Dan untuk urusan tata kelola di luar kawasan, dibutuhkan hadirnya badan pengelola kawasan.

“Saya kira ini harus kita dorong bersama, harus menjadi agenda perjuangan bersama dan saya siap untuk melakukan itu ke depan,” akunya. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....