Eks Anggota MIT, Siap Bantu Pengejaran Tim Ops Madago Raya di Poso

Caption foto : Mantan anggota kelompok MIT Poso dibawah pimpinan Santoso alias Abu Wardah yakni Sugianto alias Kang Su. ( Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Salah satu mantan anggota Santoso alias Abu Wardah pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yakni Sugianto alias Kang Su, menyatakan diri siap membantu serta mendukung sepenuh hati pelaksanaan Oprasi Madago Raya, di Kabupaten Poso,Sulawesi Tengah. 

Bentuk dukungan itu dilakukan Sugianto adalah hingga tim Ops Madago Raya melakukan pengejaran ke wilayah pegunungan Poso dan sekitarnya. 

Sugianto alias Kang Su salah satu mantan narapidana terorisme (napiter) asal Desa Kalora Kabupaten Poso yang baru bebas dan menghirup udara segar pada Senin, 5 Juli 2021 dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Metro Lampung. 

Dia menyatakan, kesiapan secara pribadi mendukung pelaksanaan Operasi Madago Raya yang saat ini masih dilakukan oleh pihak Kepolisian dalam rangka mengejar dan menangkap sisa dari kelompok DPO MIT di kabupten Poso. 

BACA JUGA :  Pemkab dan BNN Poso Ikut Sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 Melalui Virtual

“Dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan pihak manapun,saya siap menudukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan Kepolisian tim (Ops Madago Raya) yang bertujuan untuk menciptakan kondisi Kamtibmas di Kabupaten Poso, ” tuturnya, Kamis( 7/7/2022).

Dia mengaku,menyesal dengan peran dan keikut sertaannya selama ini dalam membantu kelompok MIT Poso dibawah pimpinan Santoso alias Abu Wardah dan juga Subagyo alias Daeng Koro saat masih hidup.

Sugianto juga menuturkan,  pasca bebasnya dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Metro Lampung 2021 silam,dirinya ingin fokus untuk mengurus keluarga dan ingin berbaur serta berinteraksi baik dengan warga dan pihak pemerintah dan juga pihak keamanan. 

“Saat ini saya ingin fokus melakukan kegiatan yang positif bekerja untuk menghidupi keluarga, ingin hidup normal kembali tanpa ada pikiran dari masyarakat yang sebelumnya pernah mencap diriku sebagai terorisme. Selain itu juga saya tetap akan mendalami ilmu agama Islam lebih dalam sehingga tidak salah jalan dengan pemahaman jihad yang sesat,” imbuhnya.

BACA JUGA :  TNI Siapkan Personel, Bantu Polri di Operasi Tinombala Tahap III

Ia berharap kepada pemerintah segera mencarikan solusi agar bisa membantu para eks napiter menghidupkan dan meningkatkan perekonomian yang normal dengan cara halal. 

Selain itu, Sugianto juga berkeinginan melalui usaha para mantan napiter, akan membuktikan bahwa Poso sudah aman, maju dan masyarakat tidak memandang sebelah mata para mantan napiter yang sudah bebas.

“Alhamdulillah saat ini masyarakat masib bisa terima saya dan dukung saya untuk kembali hidup seperti masyarakat pada umumnya. Saya tau mereka yang tersisa itu orang baik,ikhlas dan istiqomah di jalan ALLAH SWT. Hanya saja ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengambil peran dan memanfaatkan situasi untuk menjadikan suasana Poso jadi kacau dan rusuh,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Warga yang Ditemukan di Pinggir Jalan Mengidap DBD, Keluarga Minta Video Beredar Segera Dihapus

Dia juga berharap, teman-teman di gunung agar segera turun dan menyerahkan diri ke pihak berwenang serta bersama-sama membangun Poso lebih baik lagi.Kata Sugianto,mending kita bangun keluarga dan ekonomi di Poso lebih baik lagi dari pada harus lari sana lari sini dan tidak jelas apa yang  di perjuangkan sehingga merugikan banyak orang juga dan mengganggu keamanan Poso jadi tidak stabil. 

Sugianto alias Kang Su, merupakan eks napi kasus terorisme Poso yang sebelumnya pernah tergabung dalam kelompok MIT Poso bersama mendiang Santoso alias Abu Warda dan mendiang Sabar Subagio alias Daeng Koro. Selain itu anaknya mendiang Khairul alias Irul juga merupakan kelompok MIT Poso yang tergabung dengan kelompok mendiang Ali Kalora.(arf)

Laporan : Mohammad. Arief

Silakan komentar Anda Disini….