Muhammad J. Wartabone Minta Sesama Umat Beragama Jaga Toleransi Terkait Perbedaan Hari Lebaran

Muhammad J Wartabone saat menyerahkan surat keputusan pembentukan kepada Ketua DPW Washotia Sulteng, Nuun Marfuah Basir Toana.

PALU, Kabar Selebes – Anggota DPD/MPR RI Muhammad J Wartabone mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah, untuk tetap menjaga toleransi antara sesama umat beragama, terkait dengan perbedaan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun ini.

Menurutnya, sebagai sesama umat Muslim, sepatutnya menjadikan momentum Idul Adha sebagai bagian dari diri kita untuk berbuat ikhlas, berkorban, sabar, dan meningkatkan kepekaan  terhadap rasa kemanusiaan.

Sikap peduli serta memperbaiki dan merawat ikatan sosial ditengah-tengah kehidupan beragama, harus tetap ditanamkan dalam pribadi sebagai bangsa Indonesia, terutama menghadapi berbagai problematika bermasyarakat.

BACA JUGA :  PT BTIG Serahkan 14 Sapi Qurban, Gao Jim Liang: Semoga Program CSR ini Bermanfaat Bagi Masyarakat

“Besok kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha, meskipun hari ini sudah ada saudara-saudara kita yang telah merayakannya. Namun, itu bukanlah perbedaan yang dapat memecah persaudaraan kita, Ukhuwah Islamiyah kita,” ujar Muhammad Wartabone, Sabtu (9/7/22) di Palu, Sulawesi Tengah.

Muhammad J Wartabone, yang juga merupakan Dewan Pembina Pusat Wanita Sholawat Indonesia (Washotia), wadah berhimpun Majelis Ta’lim dan wanita muslimah Indonesia yang berpusat di Sulawesi Tengah, sebagai Serambi Haramain (Mekkah dan Madinah), juga mengajak seluruh umat muslim di Indonesia untuk membumikan Sholawat.

BACA JUGA :  Idul Adha 1443 H, BKPRMI Palu akan Serahkan 150 Paket Qurban ke Guru TPA

“Sholawat adalah bentuk penghormatan untuk mendoakan. Memiliki unsur yang sama dengan sholat, yang berarti ucapan, renungan, cinta, barakah dan pujian. Karena itu, seharusnya kita mengamalkannya setiap hari,” tandas Muhammad Wartabone, yang kerab disapa Buya itu.

Sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persaudaraan Indonesia Berzikir, Muhammad J Wartabone juga sedang aktif melakukan konsolidasi Washotia di semua tingkatan. Yang terbaru adalah pembentukan DPW Washotia Provinsi Sulawesi Tengah, yang mengamanatkan Nuun Marfuah Basir Toana sebagai ketua. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Jami Darussalam, Jalan Emy Saelan pada Kamis, 7 Juli 2022.

BACA JUGA :  Nasdem Sulteng Berkurban 139 Ekor Sapi

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan di gedung Serbaguna Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, yakni Sholawat dan Dzikir Akbar serta pembentukan Majmueat Sholawat Badr DPP Washotia, sekaligus pembentukan pengurus DPC Washotia Kecamatan Ulujadi pada Kamis, 3 Juli 2022.

Muhammad Wartabone berharap, dengan terbentuknya pengurus Washotia di berbagai wilayah di Sulawesi Tengah, akan semakin menggemakan Sholawat dan Dzikir di Tana Serambi Haramain.(mit)

Laporan : Dita Yuliana

Silakan komentar Anda Disini….