RUU Pemasyarakatan Resmi Diundangkan, Kakanwil Kemenkumham Sulteng : Ini Menjamin Hak dan Perlindungan Wabin

Ketua DPR RI menyerahkan RUU kepada Menteri Kumham Yasona Laoly.(Foto: Ist)

JAKARTA, Kabar Selebes – Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemasyarakatan secara resmi diundangkan oleh pemerintah melalui DPR RI.

Pengesahan RUU Pemasyarakatan menjadi Undang-Undang adalah untuk mempertegas fungsi Pemasyarakatan dalam mewujudkan terlaksananya konsep keadilan restorative (Restorative Justice) dan Sistem Peradilan Pidana Terpadu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Budi Argap Situngkir, menyampaikan bahwa dengan disahkan RUU tersebut menjadi UU dapat menjamin hak-hak dan perlindungan terhadap tahanan dan anak binaan.

BACA JUGA :  Sambangi PT. IMIP dan PT. BTIIG, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah Pastikan Tidak Ada Pelanggaran Keimigrasian

“Dengan disahkan RUU Pemasyarakatan, hak-hak dan perlindungan terhadap tahanan dan anak binaan dapat terjamin sebab dalam proses re-integrasi sosial yang diatur dalam UU Pemasyarakatan menitikberatkan pada terciptanya keadilan, keseimbangan, pemulihan hubungan, perlindungan hukum, dan jaminan terhadap hak asasi tahanan, anak, narapidana, anak binaan, korban, dan masyarakat,” ungkap Budi Argap Situngkir (9/7/2022).(*/abd)

BACA JUGA :  Gelar Temu Sapa, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Minta Wabin Lapas Petobo Bersabar

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….