Warga Ampana Bertakbir di Tengah Hantaman Banjir

Banjir di Kelurahan Malotong, Kecamatan Ampana Kota.(Foto: Ist)

AMPANA, Kabar Selebes – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah sejak Sabtu (9/7/2022) siang membuat wilayah itu dilanda banjir.

Sejumlah wilayah di Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Unauna dihantam banjir akibat meluapnya sejumlah sungai.

Di Kelurahan Malotong, air bah menghantam pemukiman warga. Air setinggi paha orang dewasa bahkan menutup akses lalulintas.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, Baznas Poso Bagikan Uang Tunai Untuk Korban Banjir

“Banjir terjadi di Malotong dekat rumah singgah bupati. Motor-motor terpaksa digotong warga supaya bisa melintas,” kata Mansyur Lapampi, seorang warga dalam siaran langsungnya di facebook Sabtu malam.

Yang memilukan, banjir ini terjadi bersamaan saat warga sedang melakukan takbiran Idul Adha. Warga mengeluh tidak bisa berbuat banyak karena hujan deras dan kepungan banjir.

BACA JUGA :  Tiba di Masamba, Relawan Gabungan Pecinta Alam Parimo Distribusikan Bantuan dan Bhaksos

“Banjir dimana-mana. Jembatan Bailo sekarang juga meluap makanya tidak bisa lewat kendaraan,” kata Dewi, warga Kelurahan Bailo, Sabtu malam.

Demikian halnya dengan Kelurahan Dondo dan Sumoli. Wilayah itu juga tak luput dari hantaman air luapan sungai.

“Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa. Soalnya besok adalah hari raya Idul Adha,” harap Nur, warga Kelurahan Ampana Kota.

BACA JUGA :  Masyarakat Tionghoa Sulawesi Tengah Beri Bantuan Korban Banjir Bandang Kulawi

Hingga pukul 20.57 WITA, hujan deras masih mengguyur Kabupaten Tojo Unauna. Belum ada informasi resmi dari pemerintah setempat perihal penanggulangan banjir ini.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….