Kades Longge Penuhi Panggilan Polres Touna Terkait Pengadaan Bibit untuk Petani

Bibit kelapa yang disalurkan kepada warga di Desa Longge.(Foto: Saiful Hulungo)

AMPANA, Kabar Selebes – Pelaksana Harian (Plh) Kepala Desa Longge Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna, Mursalim Madukala mememuhi panggilan Polres Touna setelah dilaporkan oleh salah satu LSM terkait pengadaan serta penyaluran bantuan bibit kelapa untuk petani.

Mursalim dilaporkan karena diduga menyalurkan bibit tidak berlabel dan tidak sesuai dengan spek.  Tidak hanya itu bibit kelapa dilapokan tidak memiliki sertifikasi pengadaan oleh pihak ketiga termasuk penyalurannya tidak jelas .

Hal ini disampaikan oleh PLh Kades  kepada Kabar Selebes Minggu 10/7  usai memenuhi panggilan polisi untuk dimintai keterangan atas laporan LSM.

BACA JUGA :  Kantor Tak Ada Aktivitas, Kepala Bappeda Minta Perusahan Daerah Tojo Unauna Dievaluasi

Sementara hasil pantauan KabarSelebes di Desa Longge Kecamatan Ampana Tete Senin siang, ada ratusan bibit  yang  ada di lokasi penampungan berlabel yang dikeluarkan oleh  Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah Dinas Perkebunan dan Peternakan Upt . Pengawas mutu dan sertifikasi benih .

Ketua Tim pelaksana (Tpk ) Desa Longge Hafid Saruada yang di dampingi Rauf Halalutu sebagai perwakilan masyarakat Desa  Longge  menjelaskan terkait penyaluran bibit  tersebut.

BACA JUGA :  Sudah Empat Tahun Proyek Kemendes Pulau Papan  Terbengkalai

“Bahwa yang mempersoalkan bibit di Desa kami adalah Taufik  dan  disebarkan lewat jejaring media social, padahal bibit yang dipertanyakan yang tidak tersalurkan  sebanyak 17 kk  sudah disalurkan,” tegas Hafid.

Terkait dengan tudingan bahwa bibit itu dijual kata Hafid adalah tidak benar. Memang ada nama-nama petani  yang tidak tertuang dalam SK sudah diberikan.

BACA JUGA :  Ratusan Siswa SMAN I  Ampana Dapat Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor

“Tetapi tahun berikutnya kita tidak berikan lagi dan itu kita telah membuat berita acaranya tinggal kita buakan perubahan SK-nya,” tandasnya.

kata Kasat Reskrim Polres Touna Iptu Mohammad Kasim kepada dikonfirmasi via telpon mengatakan pemanggilan terhadap Plh Kades Longge itu masih sebatas meminta keterangan.

“Nanti setibanya di Ampana kita berikan penjelasan karena saya masih OTW dari Palu ke Ampana,” kata Mohammad Kasim.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….