Bupati dan Wabup Tinjau Langsung Pilkades Serentak se Kabupaten Morowali Utara

KOLONODALE, Kabar Selebes – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang berlangsung di 48 desa pada sepuluh kecamatan se Kabupaten Morowali Utara, berjalan lancar dan aman

Pilkades yang berlangsung pada Rabu (13/7/2022), ditinjau langsung Bupati Morut Delis Julkarson Hehi dan Wabup H. Djira K. Bupati memantau Pilkades di Petasia Timur, sedangkan Wabup meluncur ke wilayah Bungku Utara dan Mamosalato.

Di Kecamatan Petasia Timur ada tiga desa yang melaksanakan Pilkades yakni Desa Towara, Bimor Jaya dan Peboa. Bupati Delis sejak pagi sudah berada di lokasi TPS Desa Towara dan berbincang-bincang dengan petugas setempat.

BACA JUGA :  Habib Ali Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Alkhairaat di Desa Koya

Setelah itu, Bupati melanjutkan perjalanan ke bandara Umbele Morowali untuk seterusnya terbang ke Palu untuk menghadiri acara di Bappeda Provinsi Sulteng.

Berdasarkan pemantauan media ini, Pilkades serentak ini berjalan cukup lancar dan aman. Masyarakat di setiap desa yang melaksanakan Pilkades sejak pagi berbondong-bondong ke TPS untuk menggunakan hak suaranya.

Di Kecamatan Petasia Barat, misalnya, Pilkades tang berlangsung di tiga desa masing-masing Desa Maralee, Mondowe dan Sampalowo, terlihat masyarakat begitu antusias ke TPS. Begitu pula di Desa Koromatantu satu-satunya desa di Kecamatan Petasia yang menggelar Pilkades juga berlangsung semarak.

BACA JUGA :  Bupati Delis: Guru Berperan Besar Membentuk Generasi Unggul dan Cerdas

Puncak dari perhelatan pemilihan kepala desa tersebut terjadi saat tiba saatnya perhitungan suara. Masyarakat memadati area perhitungan suara untuk mengikuti perkembangan jumlah suara dari jagoannya masing-masing.

Dari 48 desa yang menggelar Pilkades serentak tersebut, Pilkades Koromatantu termasuk salah satu yang cukup menarik. Kades petahana (pejabat yang maju untuk periode kedua) Juti Harsen dikalahkan oleh Alfianus Doe.

BACA JUGA :  Workshop Evaluasi Kelembagaan Serta Pembinaan dan Pengendalian Perangkat Daerah

Sejak awal Pilkades yang diikuti oleh lima calon memang diperkirakan akan berlangsung menarik dan ketat. Mereka semua dari keluarga besar di desa itu.

Tampilnya Alfianus Doe yang akrab dipanggil Nede sebagai pemenang sekaligus menumbangkan Juti juga membuktikan ketatnya persaingan Pilkades di desa itu.(hen)

Laporan : Heandly Mangkali

Silakan komentar Anda Disini….