Masya Allah, Shalawat dan Asmaul Husna Awali Pembukaan Matsama di MTs Alkhairaat Palapi

Suasana pembukaan matsama siswa baru di MTs Alkhairaat Palapi (foto: Hasan Bunyu)

TAOPA, Kabar Selebes – Serupa dengan sekolah lain yang mengawali proses pendidikan bagi siswa baru dengan cara melalukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat (MTs) Palapi pun demikian.

Madrasah yang terletak di Desa Palapi Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong tersebut mulai hari ini, Kamis hingga Ahad, 14-17 Juli 2022 mengadakan pengenalan lingkungan madrasah dengan nama Matsama alias Masa Ta’aruf Siswa Madrasah.

“Masa orientasi ini merupakan pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada adik-adik siswa baru MTs Alkhairaat Palapi yang di fokuskan pada pengenalan tentang sistem pembelajaran, ciri khas karakter dan budaya atau tradisi yang ada di madrasah ini,” ungkap Muhammad Afdhal, Ketua Panitia Pelaksana Matsama MTs Alkhairaat Palapi tahun 2022/2023.

Selain itu pinta Afdhal, dengan adanya kegiatan Matsama ini kiranya siswa baru ini dapat mengikuti semua materi dengan sungguh-sungguh. “Matsama ini sangat penting karena sebagai modal awal dan pengalaman dasar untuk memasuki jenjang pendidikan menengah pertama, khususnya di lingkungan madrasah tsanawiyah. Maka dari itu, kiranya adik-adik siswa baru mengikuti matsama ini dengan baik,” pinta Afdhal yang juga ketua PPIA (Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat) MTs Alkhairaat Palapi periode 2021-2022.

Kepala MTs Alkhairaat Palapi Darwis Adjru, S.Sos melalui Wakil Kamad Urusan Kurikukum Nukran  S.Pdi dalam selayang pandangnya menyatakan, jika kegiatan matsama ini bersifat edukatif, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. “Sehingga nantinya hasil yang diperoleh dari matsama ini, para siswa baru dalam memperoleh pengalaman yang menyenangkan, bisa saling berinteraksi dan bisa melahirkan rasa cinta terhadap madrasah ini,” ucapnya Nukran.

Wanita yang juga sebagai wakil kepala sekolah SMA Alkhairaat Taopa itu memaparkan, jika pada masa ta’aruf ini panitia PPIA juga melakukan program pengenalan madrasah, hal ini dimaksud sebagai sarana untuk mengenal lebih dekat kondisi lingkungan madrasah.

“Sehingga melalui kegiatan ini peserta didik baru tidak gagap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di madrasah ini yang tentunya berbeda dengan sekolah-sekolah jenjang dasar yang pernah mereka tempuh selama enam tahun lalu,” paparnya saat di sapa KabarSelebes.id sebelum acara pembukaan matsama, Kamis (14/07) pukul 07:20 Wita.

Ada pemandangan menarik dalam acara matsama tahun  ini, yaitu adanya pembacaan Asmaul Husna dan lantunan shalawat Nabi Muhammad SAW. “Mengetahui dan mengenal sifat-sifat dan nama Allah melalui Asmaul Husna dapat menambah ilmu pengetahuan seseorang. Sebab, di dalam Asmaul Husna terdapat tentang ilmu pengetahuan mengenai alam semesta beserta isinya dan apa yang telah Allah ciptakan,” terang pembina keagamaan  MTs Alkhairaat Palapi Ucok Latjolai.

Lelaki yang akrab disapa Ustadz Ucok ini mengatakan, dengan membaca Asmaul Husna, para pelajar MTs Alkhairaat Palapi senantiasa mengingat nama-nama Allah dan selalu beribadah kepada Allah melalui ridho-Nya.

“Sama seperti alunan shalawat yang dilantunkan oleh anak-anak (siswa baru, red) yang kita harapkan akan menumbuhkan rasa cinta siswa kepada nabinya. Karena yang tidak bisa kita pungkiri sekarang ini, para pelajar lebih asyik dengan game-game online,” nilai pria kelahiran Kayumalue, 08 Februari 1967 silam. (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….