Palu  

Wakil Wali Kota Palu Hadiri Rapat Koordinasi se Sulawesi Tengah, Bahas soal KPN

PALU, Kabar Selebes – Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes mengikuti rapat koordinasi bersama Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura pada Rabu, 13 Juli 2022 di Aula Kantor Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah.

Rapat Koordinasi yang juga menghadirkan Bupati se-Sulawesi Tengah tersebut membahas tentang Kawasan Pangan Nusantara (KPN).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Sandra Tobondo, MT menyampaikan bahwa program pengembangan KPN sudah sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

BACA JUGA :  Tekan Penurunan Kasus Corona, Kadinkes Palu Perintahkan Puskesmas Bentuk Tim Surveilance Per-Kelurahan

Selain itu juga, katanya sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Janga Panjang Menengah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021 – 2026.

Ia mengungkapkan bahwa penyiapan lokasi pengembangan KPN dan Food Estate dari Menko Kemaritiman dan Investasi RI mengharapkan sejumlah hektar lahan untuk ekstensifikasi dengan komoditas utama tanaman Jagung dan Kedelai.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Beri Hibah Bantuan Sosial untuk Rumah Ibadah

Namun berdasarkan Informasi dan usulan Kabupaten dan Kota telah terdata luasan potensi sebesar 29.517 hektar, serta perluasan Areal Tanaman Baru Komoditas Jagung seluas 42.823 hektar.

Dan usulan KPN baru diperoleh dari empat kabupaten yakni Kabupaten Donggala seluas 19,433 hektar, Kabupaten Toli-Toli seluas 3.450 hektar, Kabupaten Sigi seluas 4.358 hektar, dan Kabupaten Parigi Moutong seluas 300 hektar.

Gubernur menyampaikan bahwa untuk memperjuangkan Sulawesi Tengah menjadi KPN sangatlah berat karena banyak daerah yang mau.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Anggarkan Rp1 miliar Bantuan Non Tunai Usaha Prasejahtera

Hal ini dikarenakan Daerah yang menjadi KPN akan mendapat dukungan anggaran dan pembinaan dan peralatan untuk meningkatkan produksi Pangan Nusantara.

“Sehingga kita bersyukur Menko Merves Luhut Panjaitan yang membantu Sulawesi Tengah sebagai Kawasan Pangan Nusantara. Untuk itu saya mengharapkan Bupati Dan Wali Kota dapat menyukseskan Program KPN,” ungkapnya.(iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….