105 Atlet Lari Trail Ramaikan Kejurnas Perdana ALTI di Sulteng

Ketua Umum ALTI Bima Arya bersama Ketua Harian PP ALTI Muhammad Farhan serta sejumlah kepala daerah dan pengurus ALTI Sulteng membuka Kejuaraan Nasional ALTI di Sigi.(Foto: Adi Pranata)

PALU, Kabar Selebes – Kejuaraan Nasional Lari Trail yang pertama resmi diselenggarakan di daerah Sulawesi Tengah. Mengambil jalur pegunungan kota Palu dan Kabupaten Sigi, ada sebanyak 105 atlet dari 15 provinsi yang berpartisipasi pada kejuaraan kali ini.

Pembukaan kejurnas pertama ini dilakukan oleh ketum PP Alti Bima Arya bersama stakholder terkait di salah satu hotel di Kabupaten Sigi, Jumat (15/07/2022).

Pembukaan turut dilakukan oleh Gubernur Sulteng yang diwakili Kadispora Irvan Aryanto, Walikota Palu, Hadianto Rasyid, Bupati Sigi Irwan Lapatta, ketua harian PP Alti, Muhammad Farhan, Ketua KORMI Sulteng, Syaifullah Djaffar, dan Ketua KONI Sulteng Nizar Rahmatu.

“Tujuan utama dari kejurnas Alti yang pertama adalah memperkuat kebersamaan. Semua hal niscaya akan tercapai apabila semua komponen Alti bisa kompak dan solid,” kata Bima Arya dalam sambutannya.

Selain itu, Bima Arya mengatakan target capaian Alti pada kejurnas kali ini adalah memperkuat kultur organisasi dan tentunya yang paling utama adalah memperjelas aturan dalam Alti.

Hal ini juga dilakukan sebagai rangka mebawa Alti sebagai salah satu cabang prestasi yang bisa ikut berpartisipasi di PON 2024.

“Saya berharap ajang ini adalah langkah awal untuk melahirkan atlet PON 2024,” tandas Bima Arya.

Di sisi lain ia mengatakan alasan utama memilih Palu-Sigi khususnya Sulteng sebagai tuan rumah karena berhasil menciptakan sejarah sebagai salah satu Pengprov Alti yang pertama terbentuk.

Palu-Sigi, kata dia, juga memiliki jalur yang cocok untuk penyelenggaraan kejuaraan Alti. Hal itu senada dengan yang dikatakan oleh Syaifullah Djafar, selaku ketua KORMI Sulteng.

Menurutnya, hanya di Sulteng yang memiliki beragam dimensi mulai dari Laut, Gunung, Teluk dan Sungai.

“Dan hanya di Sulteng yang jalurnya hanya memakan waktu perjalanan 10-15 menit dari pusat kota,” kata Syaifullah.

Diketahui, Kejurnas kali ini akan memperebutkan medali pada empat kelas yakni Kategori Vertikal jarak pendek, Individu, Putra-Putri, Kategori 43 KM, Individu, Putra-Putri, Kategori 85 KM, Individu, Putra-Putri, dan Kategori 85 KM, Beregu 5 orang, 3 Putra dan 2 Putri. Kejuaraan akan dimulai pada Sabtu 16 April 2022. (ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….