MTs Alkhairaat Palapi dan SMA Alkhairaat Taopa Gelar Perjusami Bersama

Peserta Perjusami sedang mengikuti upacara bendera (foto: Hasan Bunyu)

TAOPA, Kabar Selebes – Dua sekolah berbasis agama yang berada di Kecamatan Taopa, yakni MTs Alkhairaat Palapi dan SMA Alkhairaat Taopa, kompak menyelenggarakan perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami), Jumat 15 Juli 2022 pukul 17:00 Wita.

Nukran, S.Pdi mewakili dua kepala sekolah yang berhalangan hadir menyampaikan sambutan. Kata Nukran,  dalam Praja Muda Karana (pramuka) semua siswa Alkhairaat yang mengikuti kegiatan ini, bertujuan membina dan mendidik generasi muda untuk menjadi manusia dewasa yang aktif, produktif, energik, berdaya guna tinggi, bertanggung jawab terampul, disiplin, berdedikasi tinggi.

“Terpenting dalam Perjusami ini adalah diterapkan sikap disiplin individual dan kelompok. Selain itu, setelah selesai kegiatan ini, adik-adik akan semakin mantap menjadi sosok pelajar yang beradab dan berakhlakul karimah,” ucap Nukran.

BACA JUGA :  DMI Sulteng Usulkan Haul Guru Tua Jadi Kalender Wisata Provinsi

Ibu kepanduan  yang juga sebagai Wakil Kepala Sekolah urusan Kurikulum SMA Alkhairaat itu berpesan selama kegiatan Perjusami,  diharapkan pada pelajar sekolah yang di bawah naungan lembaga pendidikan terbesar di Indonesia Timur ini, selalu mentaati peraturan yang ada.

“Jangan seenaknya mau ke sana kemari, apalagi tujuan yang tidak ada sangkut pautnya dengan kegiatan ini. Pokoknya, sekecil apa pun bila ada keperluan, harus ada izin. Itu sebagai salah satu bentuk penerapan disiplin,” pesannya.

BACA JUGA :  Pemuda Alkhairaat Menuju Haul Guru Tua: Ujian Terberat Melintasi Pengunungan Kebun Kopi (4)

Sementara itu pembina pramuka Vivii Nurfadilah yang ditemui KabarSelebes.id mengatakan, dalam Perjusami ini nantinya akan di adakan pelantikan peserta Penegak di tingkat SMA dan pelantikan peserta Penggalang di tingkat MTs.

“Setelah itu, mereka nantinya yang akan bertugas membina adik-adik ambalan baru yang ada di sekolah masing-masing,” terang Vivi Nurfadilah.

Gadis imut yang akrab di sapa ibu Vivi itu menambahkan, hasil utama dari kegiatan ini adalah bagaimana menunjukkan sikap kebersamaan dan gotong royong. “Terutama sikap gotong royong yang sudah mulai hilang di tengah-tengah masyarakat kita. Nah, dengan pembinaan gotong royong adik-adik di kepramukaan ini, diharapkan  setelah selesai menempuh pendidikan di sekolah ini, tradisi budaya asli masyarakat Indonesia ini  akan semakin terjaga,” tutunya.

BACA JUGA :  Pemuda Alkhairaat Jalan Kaki ke Haul Guru Tua: Banyak Diberi Bekal Sepanjang Jalan (1)

Dalam Perjusami 2022 ini, sebanyak 200 pelajar yang ada dalam naungan majelis pendidikan Alkhairaat Taopa, mengikuti kaderasi kepanduan yang di dirikan oleh Robert Stephenson Smyth Baden-Powell.  (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….