Atlet Palu Dominasi Kejuaraan F1 Sulteng

Sejumlah juara turnamen Bulutangkis F1 Cup 2022 Sulteng berswafoto usai penutupan di GOR Central Sport Kota Palu, Minggu (17/07/2022). (Foto: Humas PBSI Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Atlet bulutangkis Kota Palu memborong medali emas pada turnamen bukutangkis Fadil Imran – F1 Cup 1 2022 Sulawesi Tengah (Sulteng). Dari 12 medali emas, 10 emas diborong kota Palu, 2 diambil Tolitoli. Pengalungan penyerahan medali dilakukan pada Minggu (17/07/2022) di GOR Central Sport.

Medali emas kota Palu dipersembahkan atlet dari PB Central 5 emas, SOC Cemerlang 3 emas dan PB Sehati 2 emas. Sementara dua emas Tolitoli dari Fahri Shiddiq nomor tunggal usia dini putra dan Daud Muhammad Fadhel nomor tunggal taruna putra.

Pertandingan final seru tersaji di F1 Cup saat Farid Efrat wakil Tojo una-una melawan wakil Kota Palu dari PB Central Adam Cleine di nomor remaja putra.

Keduanya saling mengambil poin set pertama dan kedua hingga imbang 1-1. Set ketiga penentuan, pertandingan berlangsung sengit dan mendebarkan. Adam yang berhasil unggul angka 7-3 memimpin hingga 13 -7.

Poin berbalik saat Farid berhasil bangkit, dengan memanfaatkan tenaga tersisa hingga terjadi kejar kejaran angka skor duice 20-20. Di ujung skor penentuan ini, Adam berhasil mengambil angka 21.

Selanjutnya Adam memastikan kemenangan ketika kok yang di drop shot gagal dibalikkan Farid karena menyangkut net.

Pertandingan lainnya nomor anak-anak hingga ganda, berlangsung dua set. Nomor taruna putra yang mempertemukan wakil Tolitoli Daud Muhammad dan wakil Kota Palu dari PB Sehati Fachri Achmad dimenangkan Daud dari PB Dewa dengan skor 21-9, 23-21.

Ketua Umum KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu saat menutup kegiatan mengatakan, animo kejuaraan bulutangkis khususnya prestasi Kelompok umur mulai meningkat. Ia berharap even ini rutin digelar sebagai salah satu upaya mengantarkan atlet bulutangkis Sulteng lolos PON 2024 Aceh-Sumatera Utara. “Paling tidak kita bisa lolos dulu untuk mengukir sejarah PON,” kata Nizar Rahmatu.

Sementara itu, Ketua Umum PBSI Sulteng, Gufran Ahmad mengatakan, event bulutangkis prestasi akan ditingkatkan demi memajukan bulutangkis Sulteng. Lewat kejuaraan F1 ini ia meyakini bakal muncul atlet-atlet potensial untuk selanjutnya dibina secara berjenjang PBSI Kota kabupaten dan Provinsi

“Insya Allah, atlet bulutangkis yang potensial akan kita berikan perhatian dan juga pembianaan. Saya berharap di kabupaten dan kota rutin melaksanakan event agar semakin banyak atlet bulutangkis yang berbakat muncul ke permukaan,” kata Gufran. (*/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….