Atasi Kelangkaan Stok Darah, PMI Morowali Bangun Gedung Unit Donor Darah

Hj Nirmawati

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali bakal memfungsikan kantor Unit Donor Darah dalam beberapa waktu ke depan.

Hal itu akan dipercepat guna mengatasi kebutuhan darah bagi pasien-pasien yang membutuhkan. Unit Donor Darah berlokasi di kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Bumi Fonuasingko, Kecamatan Bungku Tengah.

“Ini akan menjadi pusat penampungan darah dengan peralatan yang lebih memadai,” kata Sekretaris PMI Morowali, Hj Nirmawati, pada Selasa (19/07/2022) siang.

BACA JUGA :  Hari Bhayangkara ke-74, Polres Morowali Gelar Baksos di Pasar dan Terminal Bungku

Nirmawati mengatakan, bahwa kebutuhan bangunan dan peralatan Unit Donor Darah kurang lebih Rp190 juta. Dana bersumber melalui Dinas Kesehatan Daerah Morowali.

“Fasilitas gedung dan peralatan masih akan di survey lagi oleh tim dari Kementerian Kesehatan,” ungkapnya.

Ditambahkannya lagi, bahwa pada Agustus bangunannya akan segera dirampungkan. Sedangkan peralatan berupa kulkas darah 4 unit. Bersumber dari Pemda 3 unit, dan 1 unit dari PT Hengjaya Mineralindo.

BACA JUGA :  Kondisi Jalan Daerah di Laroenai Wilayah Bungku Pesisir Masih Memprihatinkan

PMI Morowali selama ini belum ada unit donor darah. Bahkan tempat transfusi darah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Meski demikian, PMI membantu pengadaan donor darah dengan menyediakan Aplikasi Donor Darah.

“Dengan dibangunnya gedung Unit Donor Darah di Morowali, maka PMI bisa mencarikan, mengumpulkan, dan mendistribusikan kepada warga (pasien) yang membutuhkan,” jelas istri Wakil Bupati Morowali ini.

BACA JUGA :  Camat Bungku Tengah Serahkan Pohon Pelindung ke Islamic Center Morowali

“Untuk mencari donor darah, nantinya pihak RSUD bisa mengarahkan ke PMI,” pungkasnya. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….