Tutup
Palu

Wujud Kecintaan Budaya di Sulteng, UMKM Lahirkan 16 Motif Tenun Kelor

×

Wujud Kecintaan Budaya di Sulteng, UMKM Lahirkan 16 Motif Tenun Kelor

Sebarkan artikel ini
Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP yang juga selaku Ketua Dekranasda Kota Palu menghadiri acara Kurasi dan On Boarding UMKM Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2022, Selasa, (19/7/2022). (Foto : Humas Pemkot)

PALU, Kabar Selebes – Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP yang juga Ketua Dekranasda Kota Palu menghadiri acara kurasi dan on boarding UMKM Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2022 pada Selasa, (19/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung  di Hotel Santika Palu tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Harian 2 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Nanik Hadi Tjahyanto.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Ketua Diah Puspita dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia yang telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan ini, katanya diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya bagi IKM dan UKM serta pelaku ekonomi kreatif khususnya di Kota Palu.

Dalam kesempatan tersebut juga, Ketua Diah mengenalkan Tenun Ikat Asli Kota Palu motif Kelor.

Dimana pengembangan desain motif ini menggunakan tumbuhan Kelor sebagai variabel yang memiliki nilai baik budaya maupun personal untuk masyarakat Kota Palu yang dapat dilihat dari  sisi flora maupun kebudayaan.

“Dari motif Kelor tersebut lahirlah 16 motif yang dikembangkan. Inilah motif tenun kita yang baru,” ujar Diah.

Menanggapi hal tersebut, Nanik Hadi Tjahyanto yang juga istri Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Hadi Tjahjanto sangat mengapresiasi lahirnya tenun ikat Kota Palu motif Kelor.

“Bagi saya, kecintaan dan kebanggaan kita terhadap Indonesia perlu diwujudkan dalam sebuah ide dan inovasi,” ujar Nanik.(iz)

Laporan : Indrawati