Cegah Wabah PMK, Polres Morowali Datangi Pemilik Hewan Ternak

MOROWALI, Kabar Selebes – Kepolisian Resor (Polres) Morowali melaksanakan imbauan terkait pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada Senin (25/07/2022) pagi.

Imbauan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan wabah PMK pada hewan ternak di wilayah hukum Polres Morowali. Olehnya, personel Bhabinkamtibmas mendatangi rumah pemilik kandang ternak.

Selain memberikan imbauan,  personel Polres juga membuat Pos Penyekatan Hewan Ternak diperbatasan wilayah Morowali. Hal itu dilakukan dalam mencegah dan mengantisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak, yang masuk dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan yang keluar dari wilayah Morowali.

Personel Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada para pengelola peternakan sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandang, agar terhindar dari segala penyakit terutama PMK.

Pengecekan dilakukan terhadap peternak, khususnya sapi, diberbagai tempat yang berada di wilayah hukum Polres Morowali. Sehingga sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

Kapolres Morowali, AKBP Suprianto, melalui Kasi Humas, Iptu Agus Taufik mengatakan, bahwa upaya pencegahan adalah dengan mendatangi warga peternak bersama dinas terkait. Sehingga wabah PMK dapat diminimalisir.

“Kegiatan ini bermaksud agar hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat tidak terdampak virus PMK,” kata Agus Taufik.

Dikatakannya lagi, bahwa peternak dapat menambahkan dengan memberikan suplemen maupun obat-obatan, bila ada hewan ternak yang terindikasi sedang sakit atau sehat .

Wabah PMK dapat menyebar pada sapi dan binatang ternak lainnya yang berada satu kandang. Namun wabah PMK dapat ditangani dengan cepat.

“Olehnya, agar dapat segera  mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait yang mampu menangani PKM ini, bila ada yang terjangkit PMK,” jelas Agus. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….