Kadispora Berikan Pembinaan Kebangsaan Bagi Peserta Paskribraka Sulteng Tahun 2022

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Irvan Aryanto,saat kegiatan pembekalan Pemuda Perintis, Selasa( 26/7/2022). (Foto: Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Sempat vakum tahun 2020  dimasa Pandemi Covid 19, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sulawesi Tengah kembali hadir tahun ini.

Sebanyak 54 pelajar gabungan dari  perwakilan kabupaten kota di Sulawesi Tengah mendapatkan pembekalan Pemuda Perintis di kantor BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa(26/7/2022).

Turut hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Irvan Aryanto, M.Si  beserta pejabat esselon tiga dan empat serta lingkup Purna Paskirbraka Indonesia (PPI) Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam kegiatan itu Irvan menyampaikan, generasi muda adalah generasi yang harus didorong dan dibina. Karena melalui generasi muda inilah tongkat estafet kepemimpinan generasi terdahulu yang dilanjutkan. Yakni melestarikan nilai- nilai yang terdapat pada proklamasi 17 Agustus 1945,UUD 1945 dan Pancasila.

BACA JUGA :  Paskibraka Kota Palu Batal Tunaikan Tugasnya Dalam HUT RI Tahun Ini Akibat Covid-19

“Pemuda adalah sumber insansi potensi bangsa,untuk itu diharapkan agar generasi muda dapat memberikan sumbangan yang nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesannya.

Melalui kegiatan pembekalan ini, kata Irvan  para Paskibra bisa membekali wawasan kebangsaan yang menjadi salah satu  cara untuk membina dan mengembangkan potensi pemuda.

Lebih jauh, katanya,dalam pengembangan dan pembinaan pemuda dihadapkan berbagai permasalahan dan tantangan setiap tahun yang tidak sama terutama kehadiran perkembangan teknologi secara global yang harus disikapi dan diperhatikan secara serius.

BACA JUGA :  Paskibraka Kota Palu Batal Tunaikan Tugasnya Dalam HUT RI Tahun Ini Akibat Covid-19

“Jadi semua Paskibra saat ini harus berbangga diri, karena kalian sebagai pemuda pemilihan dari seluruh wilayah di Sulteng. Tidak gampang untuk bisa masuk dan tidak gampang untuk bisa bergabung,karena banyk proses yang harus dilewati, ” imbuhnya.

Mulai saat ini, para pemuda harus bisa mengenali diri sendiri. Irvan juga berpesan, agar generasi muda dapat menjadi pemuda yang gemar bekerja keras, yang disiplin memiliki wawasan kebangsaan dan yang paling penting menerapkan pangamalan Pancasila dalam kehidupan sehari -hari serta tetap komitmen dalam menjaga keutuhan NKRI.

BACA JUGA :  Paskibraka Kota Palu Batal Tunaikan Tugasnya Dalam HUT RI Tahun Ini Akibat Covid-19

Lebih lanjut, untuk menjadi anggota Paskibra tidaklah mudah sebab melalui seleksi dengan berbagai kriteria. Sebagai pemuda yang menjadi anggota Paskibra tentu pilihan terbaik baik dari masing – masing sekolah di Sulteng. Melalui pembekalan Pemuda Perintis di  Paskibarka ini semoga bisa mendidik pemuda untuk belajar disiplin menghargai orang lain dan waktu.

“Jaga selalu kesehatan, pola makan dan waktu istirahat agar dalam pelaksanaan upacara 17 Agustus 2016 semua berjalan lancar dengan baik,serta para Paskibraka ini dapat menjadi contoh bagi generasi muda yang lainnya, ” tandasnya. (mar)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini….