Palu  

Pemkot : Penerapan ISO pada ASN agar Memberikan Jaminan dan Kepastian Pelayanan Publik Kota Palu

PALU, Kabar Selebes – Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Muhamad Akhir Armansyah, S.Sos.,M.Si secara resmi membuka Pelatihan International Standard Organization (ISO) 9001:2015 Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palu pada Selasa, 26 Juli 2022 di restoran Kampung Nelayan Kota Palu.

Dalam arahannya, Plt. Asisten 1 yang membacakan sambutan tertulis Wali Kota mengatakan salah satu agenda RPJMD Kota Palu yakni Pemerintahan Mantap Melayani. Untuk mewujudkannya dilakukan melalui penerapan ISO atas pelayanan publik.

Penerapan ini dilakukan, katanya untuk memberikan jaminan dan kepastian pelayanan publik Kota Palu sesuai dengan harapan masyarakat, serta menjaga konsistensi kualitas layanan.

BACA JUGA :  Komunitas Pemancing Sulteng Bagi Ribuan Masker

“Penerapan standar internasional pelayanan publik Pemerintah Kota Palu melalui ISO 9001:2015 dibutuhkan kesiapan Sumber Daya Manusia baik secara kuantitas maupun kualitas. Olehnya perlu dilakukan pelatihan ISO 9001:2015 agar ASN mampu memahami dan menginternalisasi komponen, standar, dan prinsip yang tertuang dalam klausul ISO,” katanya.

Ia menjabarkan komponen besar ISO meliputi quality management principles atau prinsip manajemen mutu, quality management process atau proses manajemen mutu, dan sistem kontrol berbasis plan-do-check-action (PDCA).

BACA JUGA :  Dukcapil Palu Persyaratkan Akta Kelahiran Bagi Warga Mengurus Dokumen Kependudukan

Selanjutnya perlu pemahaman terkait dengan prinsip dasar penerapan ISO 9001 meliputi fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan pegawai, pendekatan proses, perbaikan terus menerus, pendekatan factual untuk mengambil keputusan, dan hubungan manajemen.

Wali Kota melalui Plt. Asisten 1 mengharapkan pelatihan ISO dapat membangun komitmen dan kesamaan persepsi dalam implementasi ISO 9001:2015 pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Palu. Selain itu pelatihan perlu dilakukan untuk memberikan kepercayaan diri serta menambah wawasan bagi ASN untuk penerapan standar ISO sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

BACA JUGA :  Hari Pertama Masuk Kerja, Wawali Palu Langsung Sidak Sejumlah SKPD

“Kepada peserta pelatihan agar benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat, serius, tapi jangan lupa juga tetap santai. Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena tidak semua ASN Kota Palu dapat mengikutinya. Tambahan ilmu, pengetahuan, dan pengalaman dari narasumber akan semakin memperkaya pengetahuan saudara-saudara,” imbuhnya.(iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….