Palu  

Resmikan Kantor Kelurahan Lolu Selatan, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid : Jadikan Ini Pemicu untuk Bekerja Moderat

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE bersama Wakil Wali Kota, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes secara simbolis meresmikan Kantor Kelurahan Lolu Selatan pada Rabu, 27 Juli 2022 di halaman kantor kelurahan setempat. (Foto : indrawati zainuddin)

PALU, Kabar Selebes – Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE bersama Wakil Wali Kota, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes secara simbolis meresmikan Kantor Kelurahan Lolu Selatan di halaman kantor kelurahan setempat, Rabu (27/72022). 

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti Kantor Kelurahan Lolu Selatan oleh Wali Kota Palu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadi menyampaikan kantor kelurahan ini menampilkan bentuk yang sedikit berbeda namun tidak meninggalkan unsur kearifan lokal dan budaya yang ada.

“Ini menunjukkan bahwa kita berusaha update dengan situasi dan kondisi kekinian,” kata Hadi. 

Ia mengharapkan kantor tersebut bisa menjadi alat picu dan pemicu bagi seluruh perangkat kelurahan untuk bisa bekerja lebih moderat, lebih modern, lebih update dan benar-benar bisa memenuhi ekspektasi sesuai dengan kebutuhan kondisi saat ini.

Wali Kota sangat bersyukur kalau hari ini juga dirangkaikan dengan pencanangan Kelurahan Lolu Selatan sebagai Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

BACA JUGA :  Walikota Palu Tetapkan Lapangan Vatulemo menjadi Pusat Shalat Idul Fitri 1442 H

Menurutnya hal tersebut merupakan suatu inovasi yang sangat besar dan sangat baik yang dilakukan oleh BPS Provinsi Sulawesi Tengah lewat BPS Kota Palu.

Wali Kota menyebut ini sejalan dengan program kerja yang diusung oleh dirinya bersama Wakil Wali Kota Reny. 

“Kita berusaha untuk meng-update data dan kondisi rill masyarakat kita. Soalnya tahun ini juga kita sudah menurunkan tim untuk melakukan survei. Hanya saja prosesnya masih berjalan. Saya berharap survei ini betul-betul bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dengan mengetahui kondisi rill masyarakat, lanjutnya Pemerintah Kota Palu tahu betul apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Dari informasi yang didapat melalui BPS, ini nanti akan diketahui berapa banyak masyarakat yang masuk dalam kategori pengangguran maupun masyarakat yang berada di taraf keluarga pra sejahtera.

“Kita juga akan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan masyarakat kita. Jadi semua kondisi masyarakat kita benar-benar akan masuk dalam pendataan yang akurat,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Ketambahan 1 Pasien Poso dan 2 dari RSU Undata, Jumlah Positif Corona di Sulteng Kini Sudah 22 Orang

Ia mengungkapkan dengan mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan, maka Pemerintah juga bisa mengetahui langkah-langkah preventif yang dilakukan.

Menurutnya akan lebih mudah ketika Pemerintah melakukan langkah-langkah preventif atau pencegahan dibandingkan melakukan langkah-langkah pemulihan.

“Saya sangat bersyukur semangat kita meresmikan kantor ini juga disertai dukungan yang sangat baik dari BPS untuk menguatkan kerja-kerja kita di kantor Kelurahan Lolu Selatan,” ujarnya.

Wali Kota berharap pencanangan Kelurahan Cantik tidak hanya berada di Kantor Kelurahan Lolu Selatan saja, tapi juga dapat diterapkan di kelurahan-kelurahan yang lain.

Karena apa yang dilakukan oleh BPS merupakan bentuk _corporate social responsibility_ yang diberikan oleh BPS Provinsi Sulawesi Tengah untuk Kota Palu.

“Ini harus diikuti juga oleh kelurahan-kelurahan lain. Olehnya saya berharap semoga kita bisa melakukan penguatan itu. Di anggaran perubahan ini untuk kantor-kantor kelurahan yang kita akan resmikan. Agar supaya kantornya modern, kemudian didukung pelayanan didalamnya,” harapnya.

BACA JUGA :  Wali Kota Palu Launching Klinik Indonesia di Rumah Sakit Ibu dan Anak Nasanapura

Wali Kota menitip pesan kepada Lurah Lolu Selatan, dengan kantor kelurahan yang baru ini, semangat aparat di dalamnya juga semakin baik dan kesungguhan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga betul-betul bisa dijalankan dengan baik.

“Semakin dimantapkan. Agar ini betul-betul menjadi contoh yang baik bagi kelurahan yang lain untuk benar-benar bersama menyamakan langkah kita agar kerja-kerja kita khusus untuk masyarakat dan Kota Palu bisa kita tunaikan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Tidak lupa, Wali Kota Hadi juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah maupun BPS Kota Palu yang telah memberikan perhatian yang sangat baik.

“Ini akan menjadi pembuka jalan bagi Pemerintah untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan melengkapi kerja-kerja kita agar lebih baik kedepan,” tambahnya.(iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….