Palu  

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi, BKKBN Gelar Pelayanan IVA dan KB 

Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita, S.AP menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi kesehatan reproduksi, pelayanan IVA dan KB. (Foto : Dok Humas Pemkot)

PALU, Kabar Selebes – Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita, S.AP menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi kesehatan reproduksi, pelayanan IVA dan KB.

Acara dilaksanakan di gedung Gereja GKST Immanuel jalan Masjid Raya pada Rabu 27-07-2022 pukul 09.00 Wita. Hadir pula Deputi Bidang KBKR BKKBN dr Eni Gustira, M.Kes dan sejumlah pejabat dari BKKBN Kota Palu dan Provinsi Sulteng dan Dinkes.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Palu menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dalam kegiatan ini. Kehadiran hadirin sekalian memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

Menjaga kesehatan organ reproduksi merupakan hal yang penting karena terkait dengan bagaimana kita menjamin keberlangsungan hidup manusia dari generasi ke generasi sehingga generasi berikutnya bisa lebih berkualitas dibanding dengan generasi pada saat ini.

BACA JUGA :  PDIP Palu Belum Tentukan Sikap Jelang Pilwalkot, Joppi : Kita Tunggu Sampai Akhir Juli

Kesehatan reproduksi secara umum tidak hanya terkait dengan aspek fisik saja, tapi menyangkut aspek psikologis, mental, dan sosial. Saat kita membahas kesehatan reproduksi, tidak hanya dari sisi laki-laki atau perempuan saja, tapi dari keduanya juga sangat penting.

Masalah kesehatan reproduksi juga perlu mendapat sosialiasi yang luas kepada masyarakat, agar para calon ibu mengetahui persoalan reproduksi yang akan dialaminya serta mendapatkan jalan keluar dari persoalan tersebut.

Kami berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi dan keluarga berencana bagi persekutuan perempuan jemaat imanuel gkst palu ini, kiranya dapat menjadi momentum untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita, dalam hal kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

BACA JUGA :  Meski Tengah Pandemi Corona, Pabrik di KEK Palu Tetap Beroperasi

Sementara itu, Wali Kota Palu diwakili Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palu dr.Royke Abraham menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada persekutuan perempuan jemaat immanuel palu (pprj), yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi, pelayanan iva dan kb.

Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang kesehatan reproduksi sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup perempuan.

Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu keadaan sehat mental, fisik, dan kesejahteraan sosial secara utuh pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta proses reproduksi dan bukan hanya kondisi yang bebas dari penyakit dan kecacatan serta dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan spiritual dan material yang layak, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, spiritual yang memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara anggota keluarga dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungan.

BACA JUGA :  Dinyatakan Negatif Covid-19, 27 OTG Dipulangkan dari Asrama Haji Palu

Oleh karena itu, selaku Wali Kota Palu saya sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi, pelayanan iva,

Diharapkan dapat meningkatkan pengetahun kita terhadap kesehatan reproduksi sehingga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan. (iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….