400-an Warga Torue Parigi Moutong Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir

Warga yang rumahnya kebanjiran mengungsi di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (29/7/2022).(MAT)

PARIGI, Kabar Selebes – Bencana banjir bandang memaksa sejumlah warga mengungsi di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Desa Torue Kalman M Andi Hamid di Torue, Jumat, mengatakan bahwa warga yang terdampak banjir mengungsi di balai desa, rumah kepala desa, dan masjid di Dusun 2.

Menurut dia, korban banjir yang mengungsi saat ini membutuhkan bantuan makanan, perlengkapan bayi, tenda, dan air bersih.

BACA JUGA :  Kominfo Tunda Siaran TV Digital di Palu dan Kabupaten Sigi

“Kami butuh air bersih, sebab rumah warga terendam lumpur dan mesin pompa air tidak berfungsi sebab jaringan listrik padam,” kata Kalman, Jumat (29/7/2022).

Banjir bandang yang terjadi pada Kamis malam (28/7/2022) membuat rumah keluarga Ny. Ilma, warga Dusun 3 Desa Torue, rusak dan berlumpur. Dia juga kesulitan mendapat air bersih untuk memasak, mandi, dan keperluan lainnya.

BACA JUGA :  Grafis : Rincian Kuota Haji Indonesia 2022

​​​​​​”Dusun 3 paling parah terdampak banjir banyak material kayu menghantam rumah. Kami tidak tau berbuat apa lagi,” katanya.

Ny Nuriah, warga Desa Torue lainnya, membutuhkan bantuan makanan siap sapi karena tidak punya bahan dan perlengkapan untuk memasak setelah rumahnya kebanjiran.

“Satu malam menahan lapar. Alhamdulillah pagi tadi sudah dapat jatah makan dari relawan maupun pemerintah,” kata Nuriah.

BACA JUGA :  Disdik Sebut Belajar Tatap Muka di Sulteng Mulai Normal Tahun Ajaran Baru

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong masih mendata dampak banjir, termasuk jumlah warga yang rumahnya kebanjiran dan harus mengungsi, serta menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Desa Torue.

Menurut Kalman, Pemerintah Kabupaten Perigi Moutong dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah sudah mendirikan posko dan dapur umum untuk membantu korban banjir.(ant/abd)

Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini....