Kota Palu Kembali jadi Juara Umum di MTQ tingkat Provinsi

PALU, Kabar Selebes – Berdasarkan hasil keputusan Dewan Hakim Nomor 02/DH/MTQ-XXlX/VII/2022 tentang penetapan juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 29 di Banggai yang ditandatangani Ketua Umum Drs. H. Ulyas Taha MPd, Kota Palu ditetapkan sebagai juara umum dengan total nilai 107.

Peringkat kedua, Kabupaten Banggai nilai 60, peringkat ketiga Kabupaten Morowali nilai 44, peringkat keempat Kabupaten Parigi Moutong nilai 33, disusul Kabupaten Tolitoli nilai 28, Kabupaten Sigi nilai 22, peringkat ke-7 Kabupaten Banggai Kepulauan nilai 21 dan pada peringkat ke-8 Kabupaten Banggai Laut dengan nilai 19.

Pada kesempatan itu juga diumumkan pemenang pawai ta’aruf; peringkat pertama Kabupaten Morowali, peringkat kedua Kabupaten Morowali Utara dan peringkat ketiga Kabupaten Banggai Laut.

Harapan 1 Kabupaten Tojo una-una, harapan kedua Kabupaten Tolitoli dan harapan ketiga Kabupaten Banggai kepulauan.

Kategori pameran dekranasda; pertama Kabupaten Sigi, kedua Kabupaten Tolitoli, ketiga Kabupaten Poso, keempat Kabupaten Morowali Utara, kelima Kabupaten Banggai Laut dan yang terakhir Kabupaten Banggai kepulauan.

BACA JUGA :  Ihsan Koloid, Peserta Kaligrafi Termuda MTQ Provinsi Sulteng di Luwuk 2022

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Wakil Gubernur Sulteng, Drs. H. Ma’mun Amir pada kesempatan itu secara resmi menutup MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke-29 Tahun 2022 Jum’at 29 Juli 2022 malam.

Wakil Gubernur menyatakan, seyogyanya gubernur yang akan menghadiri penutupan tersebut, akan tetapi karena satu dan lain hal dirinya yang ditunjuk untuk mewakili.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur dalam sambutannya juga menyatakan turut berduka atas musibah banjir yang terjadi di Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong yang telah menelan korban jiwa.

Untuk itu, gubernur telah memerintahkan kepala BPBD serta instansi terkait lainnya untuk memberikan bantuan ke lokasi tersebut.

Wakil Gubernur juga menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ adalah momentum mulia untuk meningkatkan jejak peradaban yang ditandai dengan berubahnya pola pikir, kebiasaan dan karakter yakni dari pemikiran sempit kepada pemikiran yang maju dan terbuka.

“Lewat lantunan ayat suci Al Quran yang dibaca dengan suara indah dan merdu dari para peserta, kiranya berimplikasi bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis, berakhlak mulia dan terhindar dari perilaku yang tidak sejalan dengan ajaran dan tuntunan Islam,” harap Wakil Gubernur.

BACA JUGA :  Wakil Bupati akan Berikan Bonus Bagi Kafilah Poso yang Juara di MTQ Sulteng 2022

Diharapkan, iklim religius dan persaudaraan selama MTQ dapat tetap dipertahankan dan ditingkatkan juga ditularkan ke berbagai aspek pembangunan, sehingga manfaatnya bukan hanya untuk peserta tapi bagi semua masyarakat Sulawesi Tengah terutama di Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah MTQ 29.

MTQ ke-29 lanjut Wakil Gubernur, telah melahirkan pemenang dan juara pada masing-masing cabang yang dilombakan.

“Dengan bangga saya ucapkan selamat dan apresiasi atas prestasi yang sudah diraih para qori dan qoriah, hafiz Hafizah, mufassir mufassirah dan tentu saja kepada kafilah yang berhasil meraih gelar juara umum pada kesempatan ini,” bebernya.

Kepada para pemenang, dia berharap agar jangan merasa bangga dan puas atas prestasi yang diraih, amalkan pesan moral yang terdapat dalam Alquran yaitu selalu bertawadu seraya berupaya meningkatkan potensi diri dengan tetap berlatih dengan semangat untuk persiapan tingkat nasional.

BACA JUGA :  Peserta Kaligrafi Dekorasi Putri asal Kafilah Morowali Utara, Pingsan dan Dilarikan ke Rumah Sakit

“Teruslah memacu diri dengan lebih giat berlatih agar pada penyelenggaraan MTQ Nasional di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dapat mencapai hasil maksimal serta meraih prestasi, dan kepada LPTQ agar mempersiapkan dengan baik para duta Quran Sulawesi Tengah agar tampil maksimal dan mampu mengangkat peringkat Sulawesi Tengah yang jauh lebih baik dari MTQ sebelumnya,” jelasnya.

Sementara bagi yang belum berhasil, Wakil Gubernur berpesan jangan kecil hati teruslah berlatih agar kelak menuai prestasi di masa depan.

Sementara itu Bupati Banggai yang diwakili Wakil Bupati, Drs H.Furqanuddin Masukili MM menyampaikan ke syukurannya atas berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan MTQ ke-29.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Kakanwil Kementerian Agama, Bupati Walikota se- Sulawesi Tengah dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ke-29. (*/iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini....